AIESEC Surabaya bersama Pemuda Dunia Dukung Potensi Pariwisata dan Budaya Banyuwangi

AIESEC Surabaya bersama Pemuda Dunia Dukung Potensi Pariwisata dan Budaya Banyuwangi

Perwakilan AIESEC in Surabaya bersama Exchange Participant di Taman Nasional Baluran, Senin (22/7) © AIESEC in Surabaya

Memasuki minggu kelima program Explore East Java 4.0, AIESEC in Surabaya dan para pemuda dari mancanegara berwisata menjelajahi kota Banyuwangi. Peserta pertukaran mengunjungi beberapa situs wisata sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian wisata alam di Jawa Timur.

Proyek sosial EEJ 4.0 merupakan salah satu contoh program Global Volunteer. Program ini melibatkan peran pemuda mancanegara untuk melakukan kegiatan sukarela yang dapat menghasilkan dampak sosial positif bagi diri sendiri dan untuk masyarakat.

Selaras dengan SDGs No.11, Sustainable Cities and Communities, proyek EEJ 4.0 bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya serta mendukung kemajuan kota yang berkelanjuan, terutama di Jawa Timur.

Memasuki minggu kelima, para peserta pertukaran mengunjungi kota Banyuwangi. Destinasi di hari pertama adalah Taman Nasional Baluran.

Mereka mengunjungi tiga kawasan vegetasi yang ada di Baluran, yaitu hutan musim, hutan evergreen yang selalu hijau sepanjang tahun, dan hutan sabana.

Hari mereka akhiri dengan menikmati pesona matahari terbenam di Pantai Bama yang masih berada di kawasan Taman Nasional Baluran.

Hari selanjutnya, Selasa (23/7) dini hari para EP bersiap untuk mendaki menuju Kawah Ijen. Tujuan utama dari perjalanan ini adalah untuk menikmati keeksotisan fenomena Blue Fire.

Pesona Blue Fire, Kawah Ijen, Selasa (23/7)
Pesona Blue Fire, Kawah Ijen, Selasa (23/7) | Foto: Dok. AIESEC in Surabaya

Perjalanan ke kota Banyuwangi menjadi destinasi terakhir dalam program EEJ 4.0. Setelah melakukan program pertukaran selama hampir enam minggu, diharapkan para Exchange Participant dapat mendukung dan mempromosikan pariwisata dan potensi budaya Jawa Timur.

Tak lupa, pada tanggal 3 Agustus yang akan datang, AIESEC in Surabaya akan mengadakan acara Global Village. Acara ini merupakan festival yang menampilkan budaya dari 22 negara asal para EP yang bergabung pada proyek musim panas AIESEC Surabaya tahun 2019.

Para EP dari proyek EEJ dan beberapa proyek sosial lainnya, seperti Earth Heroes, Bring the Happiness, LITE, dan Women Empowerment akan bergabung dalam acara tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Widya Mandala Dinoyo ini bertujuan untuk mendorong aktivitas sosial berkelanjutan, kesadaran dunia, dan advokasi budaya.

Mengenai AIESEC dan Global Volunteer

AIESEC merupakan organisasi pemuda internasional yang hadir di lebih dari 126 negara, salah satunya di Indonesia. Di Surabaya sendiri, AIESEC telah berdiri sejak tahun 2000.

AIESEC merupakan organisasi yang berkeyakinan bahwa pemuda adalah kunci untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Salah satunya dengan mengembangkan jiwa kepemimpinan pemuda.

Melalui AIESEC pengembangan kepemimpinan pemuda dapat dilakukan melalui beragam program pertukaran, seperti Global Volunteer, Global Entrepreneur, dan Global Talent.

Selain itu AIESEC juga turut mengembangkan pemuda di luar anggotanya melalui kegiatan aktivasi,seperti Global Village, Impact Circle, dan juga beragam proyek sosial yang dapat diikuti oleh pemuda lokal dan asing.

Explore East Java 4.0 adalah salah satu bagian dari program pertukaran Global Volunteer, yang merupakan bentuk dukungan AIESEC terhadap yaitu Sustainble Development Goals (SDGs) dari PBB.

Selaras dengan SDGs No. 11, yaitu Sustainable Cities and Communities, program ini ditujukan untuk mengenalkan dan mendukung potensi wisata dan budaya Jawa Timur.

Selain itu, para peserta pertukaran juga di edukasi mengenai pentingnya pembangunan kota yang aman, inklusif, dan berkelanjutan.

Diharapkan para pemuda dapat menggali potensi diri mereka dan memberikan perubahan untuk dunia yang lebih baik setelah mendapatkan kesempatan melakukan pertukaran lintas budaya.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Lepas dari Gawai, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak Sebelummnya

Lepas dari Gawai, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya Selanjutnya

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya

AIESEC in Surabaya
@aiesecsurabaya

AIESEC in Surabaya

aiesec.or.id/kickstart; aiesec.or.id/gogetit

The world's largest youth-run organization based in 126 countries. Provide leadership opportunities, internships, and global learning environment.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.