Kenikmatan Kopi Khas Pekalongan Kaya Rempah

Kenikmatan Kopi Khas Pekalongan Kaya Rempah

Kopi tahlil khas Pekalongan © discoverpekalongan.com

Dikenal dengan negara yang kaya akan keberagaman kopinya, kopi Indonesia pun bernilai berharga di mata dunia. Adapun beberapa biji kopi Indonesia yang mendunia yaitu kopi gayo, kopi kintamani, kopi robusta, kopi arabika toraja, dan masih banyak lagi. Indonesia tak hanya melimpah dalam sektor biji kopinya saja, melainkan juga kaya akan keberagaman olahan kopi.

Sumber: sasame coffee

Salah satu olahan kopi yang ada di Indonesia yakni kopi tahlil khas Pekalongan. Sesuai namanya, kopi ini biasa disajikan pada saat acara-acara selamatan seperti tahlilan, disajikan sebagai bentuk akulturasi budaya antara keturunan Arab dan Jawa. Namun bukan seperti kopi pada umumnya, kopi tahlil khas Pekalongan ini memiliki keunikan tersendiri yakni terdapat campuran rempah di dalamnya.

Kopi ini awalnya hanya sebagai pendamping makanan saja. tapi seiring berjalannya waktu kopi ini disajikan di berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari seperti warung kopi dan sajian untuk tamu.

Tak hanya sebagai teman begadang, kopi tahlil memiliki manfaat sebagai penambah stamina dan energi, kopi ini selalu digemari khususnya di kalangan masyarakat Pekalongan.

Kopi tahlil khas Pekalongan l Sumber: Garvin Goei

Kopi tahlil mulai diperjualbelikan pada tahun 2002. Dilansir dari cintapekalongan.com, penjual pertama kopi tahlil ini ialah bapak Usman. Kopi tahlil buatan bapak Usman sengaja dicampur dengan rempah agar memiliki cita rasa yang segar. Hal ini tentu juga menjadi pembeda dari kopi lainnya.

Sumber: Tribunnews.com

Memiliki rasa rempah yang kuat, kopi ini mengandung beberapa rempah-rempah pilihan antara lain jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, batang serai, dan pala.

Pembuatan kopi ini tidak terlalu sulit, yakni dengan merebus kopi yang dicampur dengan tumbukan rempah selama dua jam dalam dandang, kemudian ditambahkan gula merah sdan aduk hingga merata, barulah dapat diseduh bersama kopi bubuk. Kopi ini juga bisa ditambahkan dengan susu kental manis sesuai dengan selera masing-masing.

Kopi ini dibenderol dengan harga berkisar antara Rp 3.000 - Rp 5.000 per gelasnya. Harga ini dirasa cukup murah dan dapat memperoleh segala manfaat yang terdapat di kopi tahlil tersebut.

Salah satu warung penjual kopi tahlil di Pekalongan l Sumber: discoverpekalongan.com

Jika Kawan GNFI berkunjung ke Pekalongan, dapat mencoba kopi tahlil ini yang dapat ditemukan di sudut-sudut kota Pekalongan seperti kospin jasa, PPIP, dan di daerah Kampung Arab warung kopi lesehan Pak Usman.

Dengan berbagai ramuan rempah yang ada di kopi tahlil ini membuat kopi ini sangat cocok dinikmati pada saat malam hari sembari berkumpul dan bersantai dengan teman disertai gorengan hangat khas masyarakat Jawa.

Masyarakat Pekalongan pun sudah banyak yang mengenal kopi ini dan banyak pula yang menyukainya. Kuliner kopi ini sangat cocok dengan kebiasaan masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa yang senang mengopi dan menjadikan kopi sebagai minuman yang cocok untuk berinteraksi dan bersantai dengan teman.

Catatan kaki: cintapekalongan.com l discoverpekalongan.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Kuliner Khas Pekalongan yang Penuh Cerita Sebelummnya

Kuliner Khas Pekalongan yang Penuh Cerita

Benteng  Ulantha, Tempat Favorit Penikmat Senja di Gorontalo Selanjutnya

Benteng Ulantha, Tempat Favorit Penikmat Senja di Gorontalo

Atika Puji
@atikaapjpw

Atika Puji

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.