Kenikmatan Ragam Sate Khas Lombok

Kenikmatan Ragam Sate Khas Lombok

Sate rembiga khas Lombok © masakapahariini.com

Sate merupakan makanan yang sangat mudah ditemui di Indonesia. memiliki rasa yang lezat, sate dapat diolah dari berbagai macam bahan dasar. Dikarenakan rasanya yang lezat, Barack Obama pun sempat memuji rasa dari makanan ini.

Setiap daerah di Indonesia memiliki beragam olahan sate yang berbeda-beda, salah satunya seperti yang terdapat di Lombok. Pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki olahan sate yang sangat banyak. Olahan-olahan tersebut antara lain seperti:

Sate Bulayak

Sate Bulayak l Sumber: @windueko

Sate bulayak merupakan kuliner yang hampir sama seperti sate pada umumnya. Perbedaan sate bulayak dengan sate pada umumnya yakni sate ini disandingkan dengan bulayak yang merupakan sejenis ketupat, namun memiliki bentuk bulat panjang yang dibungkus dengan daun aren. Bulayak sendiri memiliki rasa gurih dan bertekstur lembut.

Bumbu yang terdapat pada sate bulayak merupakan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, santan, dan beberapa bumbu dapur seperti ketumbar, jintan, bawang, dan cabai. Perpaduan rasa dari bulayak yang gurih dan bumbu kacang yang pedas menciptakan kelezatan tersendiri.

Jika ingin mencoba sate bulayak ini kalian dapat menjumpainya disekitaran Jalan Udayana, Mataram.

Sate tanjung

Sate Tanjung l Sumber: cookpad.com

Sate ini biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam, namun ada juga yang menggunakan daging ikan. Bumbu dari sate tanjung ini sendiri biasanya sudah direndamkan dalam sate sebelum dibakar, sehingga rasa dari bumbunya langsung meresap ke dalam sate. Jadi jangan heran jika melihat sate ini disajikan tanpa bumbu tambahan.

Sate ini merupakan hidangan khas Lombok Utara. Sate tanjung dahulu hanya dihidangkan pada saat perayaan besar seperti upacara adat saja, namun seiring berjalannya waktu sate ini dapat dijual oleh siapa saja dan kapan saja.

Sate rembiga

Sate rembiga l Sumber: detikfood

Sate ini terbuat dari daging sapi pilihan. Berbeda dengan sate daging sapi pada umumnya, sate rembiga mencampurkan hati sapi di setiap tusuknya. Memiliki rasa yang sangat lezat dan kaya akan rempah, proses pembuatan sate ini dimulai dengan merendam daging sapi menggunakan rempah-rempah yang telah disediakan setelah itu baru dibakar.

Untuk mengonsumsi sate rembiga ini biasa menggunakan lontong benbentuk kerucut yang dibungkus dengan daun pisang.

Sate pusut

Sate Pusut l Sumber: cookpad.com

Hampir mirip dengan sate lilit yang ada di Bali, sate pusut terbuat dari daging sapi dan kelapa parut. Yang unik dari sate pusut ini adalah tusuk sate yang terbuat dari potongan bambu sehingga tidak seperti sate pada umumnya. Sate ini juga tidak dapat ditemui kapan saja karena sate ini disajikan jika terdapat acara hajatan atau acara-acara besar lainnya.

Sate pencok

Sate pencok l Sumber: Rina okta

Sate yang satu ini tidak terbuat dari daging melainkan dari adonan sagu atau potongan kulit sapi. Selain bahan dasar yang berbeda dari sate pada umumnya, sate ini juga memiliki bumbu tambahan yang unik yakni pelalah yang memiliki rasa pedas.

Sate pencok biasa dihidangkan bersama bihun plecing dan lubis yang membuat perut semakin terasa kenyang.

Tak hanya sate, Lombok juga memiliki kuliner khas yang melimpah seperti kangkung plecing, ayam taliwang, dodol rumput laut, bebalung, dan masih banyak lagi. Ini tentunya akan memanjakan lidah para wisatawan yang sedang berkunjung ke pulau Lombok.

Catatan kaki: indonesiakaya.com l tempatwisataindonesia.id l travelingyuk.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Obsesi Bung Hatta: Perekonomian Indonesia Harus Dikelola dengan Jiwa Tolong Menolong Sebelummnya

Obsesi Bung Hatta: Perekonomian Indonesia Harus Dikelola dengan Jiwa Tolong Menolong

Namanya Siomay Bentuknya Cilok, Makanan apa itu? Selanjutnya

Namanya Siomay Bentuknya Cilok, Makanan apa itu?

Atika Puji
@atikaapjpw

Atika Puji

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.