Bisnis UMKM, Usaha Kecil Berbuah Rupiah

Bisnis UMKM, Usaha Kecil Berbuah Rupiah

Food Truck © Reader's Digest

Apa sih yang kalian pikirkan tentang UMKM? Masyarakat saat ini beraggapan UMKM adalah sebuah home industry yang membuat berbagai kerajinan atau makanan. Hal itu memang benar adanya, namun tak semua UMKM bergerak dibidang kerajinan atau makanan.

Kepanjangan dari UMKM adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah, kini UMKM sudah mewabah di pasar online atau e-commerce. Usaha seperti makanan, tekstil, hingga kebutuhan rumah tangga juga termasuk UMKM. Usaha berbasis rumahan ini memang sedang populer di Indonesia. Bisnis UMKM kini sudah menguasai hampir 40% perekonomian Indonesia.

Dalam rangka menyambut Hari Koperasi Indonesia yang ke-72, pemerintah khususya dinas koperasi dan ukm Jawa Timur mengawalinya dengan berbagai lomba yanng berhubungan dengan bisnis, budaya wayang kulit, dan koperasi peduli. Nantinya, perlombaan ini akan diakhiri dengan pembukaan pameran Koperasi & UMKM Expo 2019 pada tanggal 7 Agustus 2019 yang bertempat di Grand City, Surabaya.

Dinas Koperasi & UMKM Jawa Timur akan membuka pameran produk unggulan terbesar, dengan mengundang 38 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk berpartisipasi. Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan UKM juga telah mengusahakan untuk terlaksananya pameran bergengsi ini serta berkolaborasi bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan OPD lain yang turut berpartisipasi dalam acara ini.

Pembukaan UMKM Expo 2019 | Foto: Kevin Naufal/GNFI

Keberadaan Koperasi dan UMKM ini dirasa cukup penting dalam mengurangi pengangguran di Indonesia dan meningkatkan perkonomian Indonesia. Koperasi dan UMKM Expo sudah dilaksanakan selama 7 kali sejak pertama acara ini di laksanakan.

Tema Koperasi dan UMKM Expo 2019 kali ini mengangkat tetang “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0” yang diharapkan bisa membawa dan memberikan edukasi dan juga wadah untuk seluruh Koperasi dan UMKM yang ada di Jawa Timur untuk siap menghadapi revolusi industri 4.0 yang bergerak di bidang Digital.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur, Achmad Basuki menuturkan bahwa, “Harapannya dengan diadakannya acara ini, akan membuka kesempatan semakin banyak koperasi dan UMKM yang mendapatkan relasi konsumen maupun buyer di lingkup nasional dan internasional sehingga dapat dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor perdagangan”.

Koperasi dan UMKM Expo 2019 ini fokus menyuguhkan acara bertajuk Kopi khas Indonesia, terutama Jawa Timur. Festival Kopi Jawa Timur 2019 ini mengusung tema outdoor space yang juga dimeriahkan dengan kompetisi kopi seperti Innovative Product Competition dan Coffee Roasting Competition.

Acara ini nantinya juga akan ada talkshow inspiratif bagi pengembang bisnis kopi di wilayah Jawa Timur. Talkshow ini juga mengundang pembicara profesional dari berbagi bidang, dari pemerintahan, lembaga penelitian dari Coffeepreneur dan Puslitkoka.

Festival Kopi pada tahun ini lebih fokus kepada proses pengolahan kopi (roastery dan inovasi produk). Festival kopi kali ini diharapkan mampu menghadirkan IKM kopi terbaik Jawa Timur serta menyajikan berbagai hasil kreativitas dalam membuat olahan kopi,” jelas Heri Wiriantoro selaku Kepala Bidang Industri Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.

UMKM EXPO 2018 | Foto: MalangTODAY

Terdapat serangkaian acara menarik yang meramaikan pameran The 7th Koperasi dan UMKM Expo dan melibatkan seluruh asosiasi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur. Tahun ini, juga akan ada kembali konsep City of Charm yang akan melibatkan Kabupaten Lamongan dengan membawakan berbagai produk khas dan program acara menarik.

Tidak hanya lembaga pemerintahan, acara ini juga bersinergi dengan berbagai e–commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Go-Jek Indonesia yang mendukung penuh acara ini.

Pameran UMKM terbesar ini juga bekerja sama dengan Asosiasi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur yang siap menyuguhkan berbagai program acara menarik mulai dari talkshow, fashion show, dan berbagai workshop menarik yang dapat memberikan edukasi dan manfaat bagi masyarakat khususnya Jawa Timur.**

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Pakai Minatransporter, untuk Jaga Kesegaran dan Daya Tahan Ikan Sebelummnya

Pakai Minatransporter, untuk Jaga Kesegaran dan Daya Tahan Ikan

Eksotisnya Kepulauan Banda Tak Pernah Mengada-ada Selanjutnya

Eksotisnya Kepulauan Banda Tak Pernah Mengada-ada

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.