Pisang Indonesia Diekspor dan Diminati Dua Negara Ini!

Pisang Indonesia Diekspor dan Diminati Dua Negara Ini!
info gambar utama

Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemui di Indonesia, bahkan saat ini pisang hasil panen di tanah Indonesia paling dicari oleh 2 negara ini.

Jepang dan Malaysia menjadi dua negara yang menaruh perhatian lebih pada pisang Indonesia. Mereka menggunakan pisang Indonesia untuk kebutuhan konsumsi dan industri. Kementerian pertanian mengekspor sekitar 18 ton pisang tanduk dan 9,8 ton pisang kepok di kawasan Puspa Agro Sidoarjo Jawa timur

Andi Nurhadi selaku direktur CV Bintang Perkasa di Sidoarjo mengatakan bahwa permintaan pisang dari Malaysia sangat tinggi. Terminal tersebut menyentuh angka 15 kontainer atau 300 ton dalam seminggu.

Namun sayangnya mereka hanya memenuhi 1 sampai 2 kontainer dalam seminggu, karena negara tersebut membutuhkan tingkat kematangan sekitar 80%.

Klasemen Malaysia membutuhkan pisang dalam volume yang besar. Selain itu pisang kepok harus didatangkan dari luar Jawa timur. Sementara itu untuk pisang tanduk atau agung diambil dari Tulungagung dan Lumajang.

Musyafak Fauzi selaku kepala Karantina Pertanian Surabaya, mengatakan bahwa kementerian pertanian mendukung penuh ekspor pisang tersebut.

Jawa timur adalah salah satu sentra produksi pisang, karenanya mereka akan bantu para petani untuk mendapatkan pisang yang sesuai permintaan pasar.

Kata Amin, selaku importir, pisang asal Jawa timur digunakan untuk keperluan industri seperti bahan baku pembuatan keripik pisang. Hal ini menjadi budaya Malaysia ketika musim haji atau idul Adha datang. Permintaan keripik pisang dengan rasa gurih atau asin di Malaysia sangatlah tinggi

--

Sumber : Liputan 6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini