Siapkan Teleskop! Agustus Ini Banyak Fenomena Langit!

Siapkan Teleskop! Agustus Ini Banyak Fenomena Langit!
info gambar utama

Bulan ini akan banyak sekali peristiwa langit yang terjadi dan masyarakat Indonesia dapat melihat peristiwa langit tersebut.

Setelah bulan lalu Banyak fenomena astronomi seperti gerhana matahari total, terlihatnya beberapa planet dari Bumi, sampai beberapa kali hujan meteor, bulan Agustus ini tidak kalah menariknya dengan fenomena-fenomena bulan lalu.

Konjungsi bulan dan jupiter di tanggal 9 Agustus 2019.

Jupiter adalah planet yang terbesar di tata surya, dan pada 9 Agustus nanti Jupiter akan terlihat bersinar terang selama beberapa bulan terakhir. Jupiter akan terlihat berdekatan dengan bulan pada tanggal tersebut dan melewati satu sama lain dengan jarak sekitar 2 derajat.

Jika ingin melihatnya kawan gnfi harus mengamati langit tenggara setelah matahari terbenam sampai tengah malam. Ada baiknya jika kawan GNFI melihat planet tersebut melalui teropong, dengan teropong Anda akan melihat 4 satelit Jupiter juga : Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Konjungsi bulan Saturnus dan bruto pada 12 Agustus 2019.

Selama beberapa bulan terakhir, Saturnus dan pluto berada di bagian langit yang sama. Pada tanggal 12 Agustus nanti, kedua planet tersebut akan terlihat berdekatan dengan bulan.

Anda dapat melihat bulan Saturnus dan pluto setelah matahari terbenam. Bulan dan Saturnus akan melewati satu sama lain dengan jarak 0,05 derajat dari bumi, sedangkan bulan dan pluto juga berdekatan dalam jarak 0,5 derajat.

Planet Venus bersinar terang pada 15 Agustus 2019

Biasanya planet Venus sulit diamati karena orbitnya dekat dengan matahari. Namun pada tanggal 15 Agustus nanti, planet tersebut akan mencapai kecerahan terbesarnya di malam hari. Kawan GNFI dapat mencarinya di langit bagian barat.

--

Sumber : IDN times , Langitselatan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini