Career Camp UK Petra: Terjun Berbisnis Hingga ke Yogyakarta

Career Camp UK Petra: Terjun Berbisnis Hingga ke Yogyakarta
info gambar utama

"35 mahasiswa dari berbagai program/program studi yang ada di UK Petra mengikuti Career Camp 2019. Dibagi menjadi 8 kelompok, peserta akan belajar bagaimana memulai bisnis start-up secara riil di Yogyakarta," urai Jessir Monika, S.S., selaku koordinator acara Career Camp 2019.

Mengangkat tema Start-UpBusiness dengan judul, "Power Up Your Start-Up". Kegiatan ini berlangsung mulai 5-9 Agustus 2019 di Yogyakarta.

Acara yang sudah berlangsung dua tahunan ini sudah terselenggara enam kali dengan lokasi yg berbeda-beda. Bertujuan untuk memberikan pengalaman pelatihan karier yang mungkin tidak didapatkan dalam kelas akademik.

Materi yang diajarkan di antaranya potensi Start-Up industri kreatif di Indonesia, Legal Aspect (HAKI & Copyright), Financial Planning, Introducing your brand to the target market, Studi Kelayakan Bisnis, Building & Developing Your Brand, sampai riset sebelum membuka bisnis.

Kaum milenial saat ini tentu tidak asing dengan bisnis start-up yang sedang trending di dunia bisnis terkini. Selama lima hari, peserta akan mengunjungi lima perusahaan yang berbasis di Yogyakarta yaitu, Srengene Idealabs, Coklat Monggo, Flying Baloon Puppet, Creacle Studio, dan Dagadu.

Peserta sedang berdiskusi l Foto: Febriansyah
info gambar

Di sini peserta akan mendapatkan sesi pembelajaran dan workshop dari para pembicara, serta sharing dari pemilik usaha dan kemudian tiap kelompok merencanakan project mereka sendiri.

Project ini berupa ide rencana bisnis start-up yang harapannya dapat diimplementasikan.

"Para peserta ini nantinya juga diajari untuk mandiri, mendapatkan modal sekitar Rp 1.000.000-an per-tim untuk bisa bertahan di Jogja. Mereka tak akan sendirian, didampingi dengan mentor untuk menyelesaikan project tersebut dan bahkan mereka punya kesempatan untuk mengonsultasikan business project mereka dengan Dennis Adishwara, aktor sekaligus CEO dari Rombak Media. Di hari terakhir, setiap kelompok akan mempresentasikan proposal bisnisnya di hadapan para juri dari kelima perusahaan tersebut. Yang terbaik akan menjadi juara dan akan diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa - Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh DIKTI," urai Jessie.

Erick Setiawan, mahasiswa Fakultas Sastra yang juga tergabung dalam kelompok "The Thespians", mengatakan keseruan dan manfaat dari acara ini, "Career Camp ini sangat membantu kami untuk mempertajam atau memperdalam start-up yang kami bikin," ujarnya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini