5 Burung Cantik Asli Indonesia yang Sudah Mulai Langka

5 Burung Cantik Asli Indonesia yang Sudah Mulai Langka

Keterangan Gambar Utama © hewanpedia.com

Dalam tahun ke tahun jenis burung yang tergolong cantik semakin menurun populasinya dan bahkan ada beberapa jenis burung cantik asli Indonesia yang sudah punah akibat pemburuan liar yang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut sebenarnya tidak hanya terjadi pada burung saja, tapi itu semua juga terjadi pada hewan jenis lainnya terutama hewan yang memiliki harga jual yang tinggi.

Pada tahun 2013 saja, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), ada sekitar 21.286 spesies hewan di dunia yang terancam punah. Dari jumlah tersebut, Indonesia juga bisa dibilang penyumbang terbesar yaitu sekitar 1.206 spesies.

Dari data tersebut saja, kita sudah bisa menyimpulkan kalau memang di negara kita ini banyak hewan yang setiap tahunnnya memiliki penurunan jumlah.

Berikut ini ada 5 daftar burung cantik asli Indonesia yang sudah mulai langka:

Jalak Bali

Burung jalak Bali sekarang ini sudah sangat sulit untuk kita temui, bahkan di Bali sendiri hanya ada beberapa ekor saja yang masih ada. Padahal burung jalak Bali merupakan salah satu jenis burung yang dijadikan maskot provinsi Bali itu sendiri.

Memiliki warna bulu yang berwarna putih di sekujur tubuh merupakan ciri khas dari burung jalak Bali. Selain itu burung jalak Bali juga merupakan burung yang tergolong ke dalam burung cantik yang bersuara merdu.

Dikarenakan populasinya yang semakin menurun membuat burung ini menjadi salah satu satwa liar yang dilindungi Undang-undang.

Cucak Rawa

Burung cucak rawa atau cucak rowo merupakan burung pengicau yang memiliki suara merdu dan warna bulu yang sangat cantik. Tapi sayangnya akibat pemburuan liar burung jenis ini sekarang jadi sangat sulit untuk dijumpai dan bahkan di Indonesia hanya terdapat beberapa ekor saja.

Burung ini tergolong cantik karena memiliki bentuk bulu timbul (semacam mahkota) di kepalanya yang tentunya menambh keunikan tersendiri.

Cenderawasih merah

Burung cantik lain yang sekarang sudah mulai punah yaitu burung cenderawasih merah. Habitat burung ini yaitu di dataran rendah lebih tepatnya di daerah Irian Jaya Barat.

Ciri khas dari burung cendrawasih merah yaitu memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar, warna bulu agak kecoklatan dan varian merah di bawahnya, di sekitar leher berwarna hijau tua.

Sikatan Aceh

Burung cantik berukuran kecil ini tergolong kedalam burung yang dilindungi oleh pemerintah, karena memang populasi dari jenis burung ini sudah sangat sedikit.

Burung Sikatan Aceh ini memiliki nama latin Cyornis ruckii. Yang membuat burung ini tergolong cantik yaitu karena memiliki warna bulu biru yang berkombinasi putih natural di bagian tubuh dan bentuknya yang sangat ideal.

Trulek Jawa

Daftar burung cantik lain yaitu trulek Jawa, Diberi nama Trulek Jawa karena memang burung ini hanya bisa kita jumpai di pulau Jawa saja.

Burung Trulek Jawa masih satu golongan dengan burung ruak-ruak, jadi sangat tidak heran kalu kita lihat sekilas kedua burung ini sangat mirip.

Yang membedakan burung ini dengan ruak-ruak yang sering kita jumpai di sawah atau di sungai yaitu gelambir berwarna kuning di atas paruhnya. Yang mana gelambir tersebutlah yang membuat burung ini terlihat cantik dan unik.

Itulah daftar burung cantik asli Indonesia yang mulai langka di negara kita. Jika ada daftar burung langka lain yang belum kami sebutkan diatas bisa berikan tambahan di kolom komentar.

Referensi: SukaPET | JituNews

Pilih BanggaBangga25%
Pilih SedihSedih75%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Angklung di Washington DC Sebelummnya

Angklung di Washington DC

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.