Menuju Ekonomi Indonesia Kuat dengan Investasi

Menuju Ekonomi Indonesia Kuat dengan Investasi
info gambar utama

Belakangan ini muncul banyak informasi bahwa solusi yang bisa dilakukan untuk menguatkan ekonomi adalah dengan investasi. Bahkan ketika seseorang itu ingin menyusun rencana hidup seperti membeli rumah, menikah, punya banyak anak, pun sarannya selalu investasi. Seakan investasi ini adalah jawaban untuk "hidup enak" di masa depan.

Hal ini pun mulai menggeser motto orang-orang Indonesia yaitu "menabung pangkal kaya" yang dirasa kurang relevan lagi, karena investasi lebih dari sekadar menabung. Namun sebenarnya definisi dari investasi ini apa? Dan apakah keuangan individu dapat memengaruhi ekonomi dalam negara?

Investasi versus menabung

Mungkin persamaan analogi dari investasi dan menabung adalah "sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit", namun bukit yang dihasilkan dari aktivitas investasi ini bisa lebih besar dibanding dengan menabung.

Menurut definisi, investasi merupakan proses mengumpulkan modal di suatu tempat dengan harapan akan mendapatkan keuntungan di masa depan. Sering dikatakan sebagai penanaman modal. Tidak hanya uang, namun bisa juga dengan saham, emas, dan berbagai hal yang memiliki harga tertentu.

Bahkan kalau melihat candaan di media sosial bahwa waktu dan perasaan yang diberikan pada seseorang juga disebut investasi agar dapat bahagia bersama di masa depan. Tapi kalau yang ini, sih, hanya berlaku untuk pribadi.

Sedangkan kalau menabung hanya berarti menyimpan uang untuk kemudian digunakan untuk membeli sesuatu di kemudian hari.

Investasi emas | Sumber: moneysmart
info gambar

Investasi versus judi

Masyarakat Indonesia masih memiliki kesalahpahaman tentang investasi yang disamakan dengan berjudi. Padahal faktanya, terdapat banyak perbedaan di antara keduanya. Jika kita lihat kembali kegiatan berjudi yang merupakan sebuah permainan dan bertaruh untuk satu hal dari berbagai pilihan lainnya dan mengandalkan pada "keberuntungan".

Sangat berbeda dengan proses investasi yang melakukan analisis terlebih dahulu terhadap kondisi keuangan pribadi dan tempat untuk berinvestasi itu sendiri. Analisis yang bisa dilakukan adalah teknikal dan fundamental.

Ini yang disebut juga analisis grafik dari tren suatu investasi. Jika saham, maka bisa diperhatikan apakah trennya sedang naik (bullish) atau turun (bearish). Selain itu kita bisa menganalisis laporan keuangan suatu perusahaan, apakah akan memiliki prospek yang baik dalam jangka waktu panjang.

Investasi untuk upaya penguatan ekonomi negara

Investasi dilakukan dengan harapan agar modal yang ditanamkan dapat bertambah hingga berlipatganda. Ini yang kemudian dilakukan oleh pemerintah negara sebagai salah satu cara untuk menguatkan ekonomi.

Sehingga investasi bukan sekadar mencari keuntungan pribadi atau perusahaan saja. Namun juga menguatkan kondisi bisnis orang lain, sehingga roda ekonomi akan terus berputar.

Mengingat kita saat ini memasuki era revolusi industri 4.0 yang mengutamakan digitalisasi dan mitra perusahaan, maka melakukan investasi juga sebagai upaya untuk membawa ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Siap berinvestasi?


Catatan kaki: KoinWorks | Kompasiana

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini