Peringkat Militer Indonesia Kalahkan Israel dan Korea Utara

Peringkat Militer Indonesia Kalahkan Israel dan Korea Utara
info gambar utama

Tiap tahunnya, Ranking kekuatan militer dunia dari Global Firepower dirilis. Tahun 2019 ini, posisi Indonesia berada di nomor 16 dari 137 negara di dunia.

Pada daftar peringkat tersebut, Amerika Serikat (AS) masih di posisi nomor satu, kemudian ada Rusia, China, India, Prancis, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Turki, Jerman, Italia, Mesir, Brazil, Iran dan Pakistan.

Sebelumnya, Israel ada di posisi ke 16 pada tahun 2018, namun tahun ini negara mengalami penurunan. Padalah anggaran pertahanan Israel mencapai USD 19.6 miliar, sementara Indonesia hanya USD 6,9 miliar (menurut situ global firepower)

Ada lebih dari 55 faktor yang digunakan Global Firepower untuk menghitung dan menentukan peringkat suatu negara, faktor ini memungkinkan negara-negara yang lebih kecil, lebih maju secara teknologi untuk bersaing dengan negara-negara yang lebih besar. Selain itu, stabilitas keuangan suatu negara juga diperhitungkan. Hal inilah yang membuat Iran berada di posisi 14 besar.

Dikutip dari Sindonews, Ranking ini hanya didasarkan pada jumlah pasukan, jumlah senjata yang dimiliki suatu negara, dan faktor-faktor lain seperti geografi, sumber daya alam, dan industri lokal. Senjata atau cadangan nuklir tidak diperhitungkan.

Berikut adalah daftar peringkatnya :
1. Amerika Serikat
2. Russia
3. China
4. India
5. Prancis
6. Jepang
7. Korea Selatan
8. Inggris
9. Turki
10. Jerman
11. Italia
12. Mesir
13. Brazil
14. Iran
15. Pakistan
16. Indonesia
17. Israel
18. Korea Utara
19. Australia
20. Spanyol

--

Sumber : SindoNEWS, Global Firepower

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini