Semaraknya perayaan HUT RI di Bulgaria

Semaraknya perayaan HUT RI di Bulgaria

Dubes RI Sofia menyerahkan bendera kepada Paskibraka © KBRI Sofia

Jauh dari kampung halaman bukan halangan bagi warga Indonesia di Bulgaria untuk merasakan kemeriahan HUT RI seperti di tanah air. Berbagai lomba, pertandingan olah raga, dan permainan anak-anak serta orang dewasa digelar pada tanggal 17 Agustus 2019, mulai dari lomba makan krupuk, membawa gundu, scrable, dart, voli, karaoke, hingga workshop mengolah bahan daur ulang bagi anak-anak sesuai dengan moto HUT RI kali ini SDM Unggul Indonesia Maju. Lomba - lomba ini juga diikuti warga Bulgaria, para pasangan WNI, yang menambah kelucuan dan kemeriahan acara.

Melesatarikan lomba makan krupuk
Caption

Upacara peringatan detik-detik proklamasi berlangsung di KBRI Sofia pada tanggal 17 Agustus 2019 dipimpin oleh Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid. Khusus untuk peringatan HUT RI tahun ini, KBRI Sofia memberikan penghargaan kepada warga Bulgaria yang telah berdedikasi dan berperan aktif dalam mengembangkan budaya Indonesia di Bulgaria. Penghargaan diberikan kepada dua klub batik di Bulgaria yaitu Klub Batik Targovishte yang sudah mengembangkan teknik batik kepada anak-anak Bulgaria. Selain itu KBRI Sofia juga memberikan penghargaan kepada group tari binaan KBRI, Pesona Mawar Nusantara, yang sudah berusia 15 tahun. Group tari ini beranggotakan pemuda - pemudi Bulgaria yang cinta terhadap seni budaya Indonesia.

Dalam sambutannya, Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid menyatakan bahwa KBRI siap mendukung perwujudan Semangat HUT RI ke-74 yang mengangkat tema SDM Unggul Indonesia Maju, dengan mendorong kerjasama pendidikan RI dan negara-negara akreditasi Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania.

Acara peringatan HUT RI ini dihadiri oleh keluarga KBRI, Kosul Kehormatan RI di Kota Varna dan di Kota Bansko, serta masyarakat dan diaspora Indonesia di Bulgaria. setelah acara upacara diadakan acara potong tumpeng, ramah tamah, berbagai pertandingan, serta pembagian hadiah.

Potong Tumpeng oleh Dubes RI, Konhor RI Varna, Konhor RI Bansko, Wakil dari Klub Batik, dan Sesepuh Warga Indonesia
Caption

Acara ini juga dinanti-nanti warga sebagai ajang silaturahmi karena warga dari luar kota juga datang ke Sofia. Masyarakat dihibur dengan acara karaoke bersama dan juga hidangan berbagai kuliner nusantara. Dubes RI untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania menyampaikan peringatan HUT RI ini juga penting untuk terus menumbuhkan rasa nasionalisme pada warga Indonesia di luar negeri. Sementara itu, salah satu warga negara Bulgaria yang hadir, Slavka Georgieva, yang merupakan pendiri klub batik Targovishte, juga sangat menikmati rangkaian acara yang berjalan, mengingat hal ini baru pertama kalinya dan perayaan hari kemerdekaan negaranya juga tidak semeriah ini katanya. Acara peringatan tahun ini juga spesial karena jatuh di hari Sabtu sehingga masyarakat cukup banyak yang hadir.

Keluarga besar WNI dan Disapora Indonesia
Caption

Sumber berita dan foto : KBRI Sofia

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tarian Romansa Sintren dalam Ketidak Sadaran Sebelummnya

Tarian Romansa Sintren dalam Ketidak Sadaran

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.