Ada yang Tahu Kudapan Khas Aceh yang Jadi Warisan Budaya Tak Benda Ini?

Ada yang Tahu Kudapan Khas Aceh yang Jadi Warisan Budaya Tak Benda Ini?
info gambar utama

Beda daerah, beda pula keragaman yang ditawarkan. Kuliner misalnya. Jika di ujung timur Pulau Jawa, terdapat nasi tempong di Banyuwangi dengan ciri khas pedasnya yang membuat penyantapnya merasa seperti ditempong atau "ditampar" saking pedasnya sambal tempong, beda lagi dengan ujung paling utara Pulau Sumatra.

Kudapan khas Serambi Makkah unik milik Indonesia bernama Mamemek atau yang lebih familiar dengan sebutan Memek (huruf 'e' dibaca seperti menyebut kata 'senang') ialah salah satu makanan khas yang menjadi primadona dari Kabupaten Simeulue, Aceh.

Kudapan yang terbuat dari campuran beras ketan yang digonseng dan buah pisang ini memiliki arti nama mengunyah-ngunyah atau menggigit.

Mamemek yang terbuat dari beras ketan dan pisang | Foto: Windy Phagta / Okezone
info gambar

Dimasak dengan cara mencampurkan beras ketan dan pisang bersama santan yang sudah dipanaskan lalu diberi gula dan garam ini, kembali ramai jadi perbincangan.

Bukan ramai karena namanya, melainkan karena kudapan yang memakan waktu sekitar satu jam untuk membuatnya ini baru-baru saja berhasil ditetapkan untuk masuk daftar warisan budaya tak benda Indonesia.

Mengutip pernyataan dari situs resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Senin (19/8/2019) telah dinyatakan bahwa dari kurang lebih 11 usulan yang masuk dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bersama Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh-Sumatera Utara, hanya empat usulan termasuk ‘Memek’ inilah yang masuk.

Keempat kuliner itu dinyatakan telah memenuhi syarat oleh tim ahli WBTB untuk ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dalam sidang penetapan karya budaya yang berlangsung 13 hingga 16 Agustus 2019 di Hotel Millennium, Jakarta.

Maka dari itu, dengan masuknya Memek sebagai satu dari empat karya budaya yang masuk tersebut. Disebutkan sekarang sudah ada kurang lebih 34 karya budaya Aceh yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.


Catatan kaki: Okezone

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini