Gerhana Matahari Cincin akan Sambangi Indonesia pada Desember ini!

Gerhana Matahari Cincin akan Sambangi Indonesia pada Desember ini!
info gambar utama

Fenomena alam gerhana matahari cincin kembali akan terjadi pada 26 Desember 2019 di kabupaten Siak, Riau. Munculnya gerhana matahari bertepatan dengan peringatan 15 tahun musibah tsunami di Aceh.

Alfredi, selaku Bupati Siak mengatakan pihaknya telah menyiapkan acara khusus untuk menyambut gerhana matahari cincin. Acara tersebut akan dihelat di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

"Tiga hari sebelum acara, nanti akan ada pemutaran film sains lalu hiburan dan doa bersama serta acara religius lainnya," Kata Alfredi yang dikutip dari CNN Indonesia.

Festival tersebut akan diadakan mulai pukul 10 pagi sampai 2 siang, namun untuk gerhana matahari akan dimulai pada pukul 12.15 WIB sampai 12.19 WIB.

Gerhana matahari cincin adalah sebuah fenomena alam yakni gerhana yang terjadi ketika bayangan bulan hanya menutupi bagian tengah matahari. Hal ini menjadikan matahari akan berbentuk seperti cincin api di sekeliling bayangan bulan.

Masyarakat Indonesia tetap dapat mengamati fenomena tersebut setelah tengah hari. Waktu gerhana matahari ini bergantung pada zona waktu masing-masing daerah.

--

Sumber : CNN Indonesia, Inovasee

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini