Perusahaan Asal AS Ini Dikabarkan Akan Danai Decacorn Indonesia

Perusahaan Asal AS Ini Dikabarkan Akan Danai Decacorn Indonesia
info gambar utama

Amazon.com Inc. sedang dalam tahap pembicaraan untuk melakukan investasi di raksasa layanan transportasi online Gojek Indonesia ujar pihak yang paham mengenai pembicaraan tersebut mengatakan. Ini merupakan sebuah langkah yang dapat meningkatkan kehadiran perusahaan asal Amerika Serikat tersebut di Asia Tenggara.

Amazon adalah salah satu perusahaan yang telah bernegosiasi dengan Gojek untuk bergabung dengan putaran pendanaan yang sedang berlangsung, menurut pihak yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena diskusi bersifat pribadi. Di bawah satu skenario yang telah dipertimbangkan, Amazon dapat melakukan investasi yang berarti dalam bagian startup Indonesia yang paling berharga tersebut. Pembicaraan tersebut mungkin masih belum sempurna atau persyaratannya dapat berubah.

Perwakilan Gojek menolak berkomentar. Amazon tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar di luar jam kerja normal. The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan pada diskusi tersebut.

Langkah ini dapat menandai investasi Amazon paling signifikan di Indonesia, salah satu batas terakhir e-commerce. Raksasa ritel yang berbasis di Seattle ini mengambil langkah pertama ke wilayah tersebut pada tahun 2017 ketika memasuki Singapura dengan Amazon Prime Now. Tetapi di Indonesia, sejauh ini belum terdapat keberadaannya di pasar terbesar dan paling menjanjikan di kawasan ini dengan 260 juta orang.

GoFood yang diantar melalui Gojek | Sumber: Jakarta Post
info gambar

Sebaliknya, raksasa teknologi Tiongkok telah memasuki wilayah ini baru-baru ini. Alibaba Group Holding Ltd. menghabiskan miliaran dolar untuk mengakuisisi perusahaan belanja online Lazada Group dan berinvestasi di perusahaan e-commerce Indonesia, Tokopedia, dan Bukalapak. Tencent Holdings Ltd. telah mendukung Sea Ltd., yang unit belanja onlinenya Shopee, berjuang keras bersaing dengan Lazada.

Gojek memulai aplikasi untuk memesan taksi sepeda motor di Jakarta pada tahun 2015. Sejak itu, perusahaan ini telah berevolusi menjadi "aplikasi super" - bagian layanan perjalanan berbagi, bisnis pengiriman makanan, dan penyedia dompet digital. Gojek juga menawarkan selusin layanan berdasarkan permintaan lainnya seperti pemesanan pembersih dan pengiriman obat-obatan.

Sebagai bagian dari putaran pendanaan Seri F yang sedang berlangsung, Gojek - senilai 10 miliar dolar Amerika Serikat, menurut CB Insights - telah mendapatkan investasi dari Visa Inc., Siam Commercial Bank Plc Thailand, Mitsubishi Motors Corp, Mitsubishi Corp, dan Mitsubishi UFJ Lease & Finance Co. tahun ini. Syarat-syarat dari kesepakatan itu tidak diungkapkan.

Investasi itu menambahkan lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat yang Gojek raih dalam putaran pendanaan sebelumnya awal tahun ini.


Catatan kaki: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini