Inilah Kabar Terakhir Pembangunan Jalan Tol Solo - Jogja

Inilah Kabar Terakhir Pembangunan Jalan Tol Solo - Jogja
info gambar utama

Rencana pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta dan Tol Solo-Yogyakarta, Pemerintah Provinsi DIY dan pemerintah pusat mulai menyiapkan skenario matang terkait beberapa aspek mulai ekonomi hingga rencana pembebasan lahan.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemprov Jateng, Peni Rahayu mengatakan, untuk jalan tol ruas Solo-Jogja sudah mendapat persetujuan Pemprov Jogja.

"Artinya, ada kesepakatan antara Pemprov Jateng, dan Pemerintah Pusat," katanya, Sabtu (31/8) seperti dilaporkan oleh https://www.rmoljateng.com. Peni menjelaskan, dari total 91,93 kilometer itu, sebanyak 34 kilometer berada di wilayah Jawa Tengah. Diantaranya Kartosuro, Boyolali dan Klaten.

"Informasi yang didapat, trase tol di Jogja sampai bandara (NYIA) sudah clear," tambah dia.

Sebelumnya, pihak Pemprov DIY menjelaskan bahwa akan ada enam titik entry-exit tol yang melintasi DIY dari jalur Manisrenggo hingga Trihanggo, Kabupaten Sleman. Enam titik tersebut menghubungkan kawasan-kawasan pertumbuhan ekonomi . Misalnya, di Maguwoharjo, kawasan yang di sekitarnya akan dikembangkan sehingga intinya adalah pengembangan kawasan dengan memfasilitasi agar penduduk disekitarnya bisa memanfaatkan adanya jalan tol tersebut.

Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) menyebutkan, adanya pembangunan tol tersebut diharapkan bisa semakin meningkatkan akses lalu lintas. Namun, adanya tol
tersebut juga diharapkan tidak membawa dampak negatif degradasi kehidupan masyarakat di ruas jalan tol tersebut.

“Seperti pesan Ngarsa Dalem (Sultan HB X) yang tidak ingin jalan tol tersebut mengganggu situs-situs budaya/purbakala, membelah wilayah-wilayah yang secara sosial-
ekonomi-budaya merupakan satu kesatuan. Selain itu juga mengurangi lahan-lahan produktif, serta meminimalisasi pembebasan tanah,” ujar Ketua DPD HPJI, Tjipto Haribowo,
Rabu (13/2/2019), seperti dikutip oleh Tribunjogja.com.

Lelang pembangunan tol Solo-Yogya sepanjang 91,93 kilometer itu akan segera dilakukan awal September 2019.

Hal ini menyusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menyepakati trase Tol Solo - Yogyakarta - Kulonprogro yang diajukan pemerintah pusat.

Dengan demikian, dalam waktu dekat pembangunan tol sepanjang 91,93 kilometer itu dapat segera direalisasikan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini