Pohon Terkuat di Indonesia yang Kaya Manfaat

Pohon Terkuat di Indonesia yang Kaya Manfaat

Salah satu pohon yang manfaatnya dari daun sampai akar (kelapa) © sainspangan.com

Salah satu pohon terkuat di dunia adalah pohon Kelapa, pohon yang sangat gampang kita temui di tempat manapun. Pohon kelapa sejatinya memiliki akar yang sangat kuat, jarang sekali melihat kelapa dengan akar yang kurang kuat. Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Arti kata kelapa (atau coconut, dalam bahasa Inggris) dapat merujuk pada keseluruhan pohon kelapa, biji, atau buah, yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan. Istilah ini berasal dari kata Portugis dan Spanyol abad ke-16, coco yang berarti kapala atau tengkorak setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah.

Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

kelapa yang biasanya tumbuh di pesisir pantai | Sumber: buahaz.com

Kelapa berbeda dari buah-buahan lain karena endosperma mereka mengandung sejumlah besar cairan bening, disebut santan dalam literatur, dan ketika belum matang, dapat dipanen untuk diminum sebagai air kelapa, atau juga disebut jus kelapa.

Selain itu, air kelapa memiliki manfaat yang menakjubkan bagi tubuh kita ternyata disebabkan oleh kandungan yang syarat akan gizi. Mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan juga asam folat.

Kelapa memiliki banyak sekali jenisnya, namun yang paling digemari oleh orang Indonesia adalah kelapa hijau. Terlebih lagi air kelapa hijau yang dikenal mampu melegakan tenggorokan yang dehidrasi. Air kelapa hijau mengandung banyak manfaat dan juga harga dari air kelapa hijau lebih mahal dibandingkan dengan air kelapa biasa. Air kelapa hijau baik dikonsumsi untuk anak-anak, remaja, dan juga orang tua, bahkan untuk ibu hami dan bayi.

9 khasiat air kelapa hijau :

  1. Menurunkan berat badan
  2. Menetralisir racun di tubuh
  3. Menghilangkan dehidrasi
  4. Menjaga kesehatan jantung
  5. Menjaga Kesehatan ginjal
  6. Sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin
  7. Menigkatkan vitalitas pada pria
  8. membuat kulit mulus
  9. Sebagai obat untuk penyakit demam
Buah kelapa hijau | Sumber: manfaat.co.id

Itu 9 khasiat dari air kelapa hijau, masih banyak manfaat dan khasiat dari air kelapa namun yang paling biasa diminum dan dicari adalah kelapa hijau. Hutan tropis dan subtropis banyak sekali ditumbuhi pohon kelapa ini, terkadang diperjual belikan di pinggiran jalan.

Disaat ada khasiat dan manfaat ada beberapa orang dengan kriteria fisik dan status kesehatan yang dilarang untuk meminum air kelapa ini diantaranya:

  1. Gangguan ginjal
  2. Penyakit jantung
  3. Penderita diabetes
  4. Penderita iritasi usus
  5. Orang-orang yang sedang mengkonsumsi obat-obat tertentu

Bagi orang-orang yang sedang memiliki fisik dan status seperti yang disebutkan di atas dimohon untuk tidak memaksakan meminum air kelapa tersebut.

Inilah Indonesia, masyarakat Indonesia harus bangga karena banyak kekayaan alam, yang dimiliki oleh negara kita tercinta, dari pohon, buah, semua kekayaan alam yang sangat lengkap. Selalu menjadi daya tarik wisatawan luar negri, semua datang ke Indonesia, untuk menikmati keindahan Indonesia yang sangat menarik untuk di kunjungi.


Catatan kaki: Cocos nucifera L.. Purdue University, NewCROP – New Crop Resource. 1983 | Kelapa | Dalgado, Sebastião. "Glossário luso-asiático". google.com. hlm. 291.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Good News From Indonesia

Ketika GOSIP Bukan Ghibah dan Justru Membawa Berkah Sebelummnya

Ketika GOSIP Bukan Ghibah dan Justru Membawa Berkah

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.