Tiga Hal ini yang Harus Ada Ketika Membangun Startup Marketplace

Tiga Hal ini yang Harus Ada Ketika Membangun Startup Marketplace

youtube

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Selama ini banyak marketplace asal Indonesia yang muncul dan "menampakkan diri". Namun ternyata tidak banyak yang dapat bertahan. Dikutip dari Katadata.co.id, William Tanuwijaya membagikan beberapa hal penting ketika membangun startup, khususnya Marketplace.

Keberanian

"Saya menemukan keberanian untuk percaya masa lalu adalah hal yang tidak bisa kita ubah, tapi masa depan ada di tangan kita sendiri. Keberanian untuk percaya kepada diri sendiri ketika belum mendapatkan kepercayaan dari orang lain."

Keberanian ia dapatkan dari pengalamannya dulu, tentang latar belakang keluarganya, dimana ia menjadi tulang punggung keluarga dan tidak ada yang bisa menggantikan jika ia gagal. Tentang latar belakang Pendidikan, yang selama masa kuliah, ia hanya meghabiskan waktu di warnet. Serta latar belakang entrepreneurship, dimana ia tidak memiliki pengalaman bisnis apapun sebelumnya.

Kegigihan

Dalam membangun perusahaan internet, sumber daya paling Utama adalah talenta manusianya. Ia pernah berdiri di Job Expo selama 2 hari, tidak asa satupun lamaran yang ia terima. Ia pun belajar untuk keluar dari zona nyaman, apalagi ia seorang introvert. Karena kegigihannya, lambat laun Tokopedia berhasil membangun dan mengumpulkan talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia.

Harapan

Tokopedia mengubah hidupnya, dari seorang yang tinggal di kota kecil memiliki kesempatan untuk membangun multi billion dollar company di era digital. Ada 6 juta masyarakat Indonesia yang telah memulai, mengembangkan bisnis, mengubah nasib, dan masyarakat sekitar mereka dengan membuka lapangan kerja baru.

"Mereka tidak hanya berani untuk memulai, juga punya kegigihan untuk bangkit ketika gagal. Dan semuanya memiliki harapan, entah harapan agar orang tua mereka punya tempat tinggal lebih layak, atau harapan agar anak mereka memiliki pendidikan yang lebih tinggi."

seperti kata Ir. Soekarno “Bermimpilah setinggi langit. Jika jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”, itulah yang ia selalu ingat.

--

Sumber : Katadata, Youtube, amcham

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Garuda Indonesia Raih "Emas" di Ajang ASEAN Marketing Summit 2019 Sebelummnya

Garuda Indonesia Raih "Emas" di Ajang ASEAN Marketing Summit 2019

Sejarah Hari Ini (1 April 1905) - Batavia Meluas Usai Ubah Nama Selanjutnya

Sejarah Hari Ini (1 April 1905) - Batavia Meluas Usai Ubah Nama

Fachrezy Zulfikar
@fachrezy

Fachrezy Zulfikar

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.