Ingin Mulai Bangun Startup? Ini Kata Nadiem Makarim!

Ingin Mulai Bangun Startup? Ini Kata Nadiem Makarim!
info gambar utama

Akhir-akhir ini mulai banyak startup atau usaha rintisan yang muncul di Indonesia. Berahap mendapat sebutan "unicorn", namun tidak sedikit yang "layu sebelum berkembang".

Dikutip dari Akurat.co, Nadiem Makarim, pria dibalik suksesnya Gojek memberikan 3 hal yang harus dimiliki seorang founder. Apa saja?

Motivasi

Seorang founder harus memiliki motivasi yang kuat dalam menghadapi segala tantangan dalam mengembangkan startup. Motivasi juga dapat diartikan sebagai keinginan yang menggebu akan pencarian solusi dari permasalahan di masyarakat.

Mengelola tim

Kecurigaan dalam perekrutan masih diabaikan di Indonesia, seperti berupa transfer ilmu dan pengetahuan yang minim antara founder dan orang yang direkrut. Menurut Nadiem, seorang founder haruslah merekrut calon anggota tim yang lebih handal dan pintar dari mereka. Hal ini kembali untuk perkembangan startup yang akan bergantung pada tim yang ada.

Momentum

Setiap founder haru tahu kapan momentum itu ada, ia harus memiliki kepekaan dalam membaca momentum. Di Era data dan informasi yang berlimpah ini, momentum tidak hanya dapat dibaca oleh mereka yang berpengalaman, namun dari pola yang dihasilkan dari data dan informasi. Dengan membaca momentum yang tepat, bisnis dapat didorong dan dikembangkan sesuai jangkauan pasar yang tepat pula.

--

Sumber : Akurat.co, Review Asian Nikkei

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini