Ingin Mulai Bangun Startup? Ini Kata Nadiem Makarim!

Ingin Mulai Bangun Startup? Ini Kata Nadiem Makarim!

Nikkei Asian Review

Akhir-akhir ini mulai banyak startup atau usaha rintisan yang muncul di Indonesia. Berahap mendapat sebutan "unicorn", namun tidak sedikit yang "layu sebelum berkembang".

Dikutip dari Akurat.co, Nadiem Makarim, pria dibalik suksesnya Gojek memberikan 3 hal yang harus dimiliki seorang founder. Apa saja?

Motivasi

Seorang founder harus memiliki motivasi yang kuat dalam menghadapi segala tantangan dalam mengembangkan startup. Motivasi juga dapat diartikan sebagai keinginan yang menggebu akan pencarian solusi dari permasalahan di masyarakat.

Mengelola tim

Kecurigaan dalam perekrutan masih diabaikan di Indonesia, seperti berupa transfer ilmu dan pengetahuan yang minim antara founder dan orang yang direkrut. Menurut Nadiem, seorang founder haruslah merekrut calon anggota tim yang lebih handal dan pintar dari mereka. Hal ini kembali untuk perkembangan startup yang akan bergantung pada tim yang ada.

Momentum

Setiap founder haru tahu kapan momentum itu ada, ia harus memiliki kepekaan dalam membaca momentum. Di Era data dan informasi yang berlimpah ini, momentum tidak hanya dapat dibaca oleh mereka yang berpengalaman, namun dari pola yang dihasilkan dari data dan informasi. Dengan membaca momentum yang tepat, bisnis dapat didorong dan dikembangkan sesuai jangkauan pasar yang tepat pula.

--

Sumber : Akurat.co, Review Asian Nikkei

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih13%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli13%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

11 Desainer Indonesia Akan Pamerkan Busana Muslim di New York Sebelummnya

11 Desainer Indonesia Akan Pamerkan Busana Muslim di New York

Pesan Perdamaian Melalui Rumah Sakit Indonesia di Myanmar Selanjutnya

Pesan Perdamaian Melalui Rumah Sakit Indonesia di Myanmar

Fachrezy Zulfikar
@fachrezy

Fachrezy Zulfikar

Writer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.