Sierra Leone Beri Indonesia Fasilitas Visa-Saat-Ketibaan

Sierra Leone Beri Indonesia Fasilitas Visa-Saat-Ketibaan
info gambar utama

Satu lagi Negara di Benua Afrika yang kini memberikan fasilitas kemudahan visa bagi wisatawan Indonesia. Para penggemar rapper Kanye West mungkin cukup familiar dengan salah satu lagunya yang berjudul Diamond from Sierra Leone. Kini, Negara yang terletak di bagian barat Benua Afrika dan beribukota di Freetown tersebut menerapkan pemberian fasilitas visa-saat-ketibaan (atau visa-on-arrivap /VOA) bagi sekian puluh Negara, termasuk Indonesia. Kebijakan tersebut berlaku di lapangan mulai hari Kamis, 5 September 2019. Dengan kata lain, petualang Indonesia yang ingin menjelajah 'Salone' kini tidak perlu lagi repot mengurus visa wisata sebelum keberangkatan.

https://snradio.net/wp-content/uploads/2019/09/69593511_10217774259481632_4222667440036773888_n.jpg
info gambar

Fasilitas VOA tersebut hanya berlaku untuk kunjungan wisata dan bisnis. Adapun biaya yang dikenakan adalah sebesar USD 80.00 per orangnya. Di luar keperluan wisata dan bisnis, WNI diwajibkan mendapatkan visa sebelum keberangkatan.

Pengumuman resmi dari Kementerian Dalam Negeri Sierra Leone- Sierra Network
info gambar

Sierra Leone menambah daftar Negara di Benua Afrika yang memberikan fasilitas kemudahan visa bagi pemegang paspor biasa Republik Indonesia. Awal tahun 2018, ada Rwanda yang menghapus kewajiban visa bagi WNI, sebagai pertimbangan asas timbal balik dari kebijakan bebas visa yang sudah diberikan kepada warga Negara Rwanda. Pertengahan tahun 2018, ada Namibia yang juga turut membebaskan WNI dari kewajiban visa.

Semoga, Benua Afrika kian #bebasvisa bagi kita...!


Catatan kaki: https://snradio.net/new-visa-on-arrival-policy-starts-today-thursday-5th-september-2019/
https://www.politicosl.com/articles/sierra-leone-scraps-entry-visa

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini