Ada yang Berbeda di Runway Ketiga di Bandara Soekarno-Hatta

Ada yang Berbeda di Runway Ketiga di Bandara Soekarno-Hatta
info gambar utama

Kabar baik dari dunia penerbangan Indonesia, karena runway ketiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah beropeasi dandidarati oleh pesawat komersial 15 Agustus lalu, dan maskapai Nam Air menjadi pesawat yang pertama mendarat di runway tersebut. Dengan adanya runway 3 tersebut membuat kapasitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta meningkat menjadi 114 penerbangan per jam.

Runway 3 saat ini beroperasi dengan panjang 2.500 meter dan nantinya akan diperpanjang hingga 3.000 meter pada November 2019 ini. Pengoperasian runway atau landas pacu 3 Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan bakal berdampak kepada penghematan beban operasional avtur bagi maskapai. Sehingga ke depannya diharapkan juga dapat menurunkan tiket pesawat. Efisiensi itu juga antara lain dari pergerakan pesawat baik lepas landas maupun mendarat dari sekitar 75 pergerakan per jam menjadi 100 pergerakan per jam.

Ada yang unik dari landasan baru ini. Akun instagram @seasia.co memposting sesuatu yang menjadi perbincangan banyak orang dan di-repost oleh banyak akun

Di postingan yang awalnya dari @kenjrot tersebut, disebutkan bahwa runway baru ini menggunakan nama tokoh fiksi remaja yang kini tengah populer di Indonesia, yakni DILAN, yang sini ditulis DYLAN, dan MILEA, sebagai point of arrival dari dua arah landing. Orang awam memang tidak bisa melihat ini, para pilot penerbangan dan petugas ATC lah yang bisa membacanya.

Hingga saat ini memang belum ada keterangan khusus mengenai hal ini dari pihak pengelola bandara, yakni Angkasa Pura II. Maju terus bandara-bandara Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini