Jojorong Kue dari Suku Banten

Jojorong Kue dari Suku Banten
info gambar utama

Pernahkah kamu mendengar nama makanan yang unik ini? Kue jojorong adalah panganan berupa kue basah yang berasal dari tanah Pasundan. Kue jojorong mempunyai bentuk yang mungil dengan sensasi rasa kue yang lembut berpadu gurih. Di daerah Banten, kue jojorong paling mudah ditemukan di Rangkasbitung. Cukup banyak penjual yang menjajakan kue jojorong di pasar tradisional.

Kue jojorong terbuat dari bahan baku berupa tepung sanji, tepung beras, dan gula merah. Kue yang berasal dari Banten ini dibungkus menggunakan daun pisang. Untuk menyantap kue jojorong biasanya dilakukan dengan sendok. Saat melakukan proses penyendokan, secara bersamaan akan terlihat lelehan gula aren cair yang keluar yang bisa mengundang keinginan makan siapapun yang hendak mencicipinya.

Jojorong | sumber: pisktagram.org
info gambar

Kue jojorong atau Jojorong adalah makanan khas suku Banten dari Kabupaten pandeglang. Makanan ini berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa yang bagian dalamnya diberi gula aren. Tempat atau mangkuk kuenya berbentuk persegi dan terbuat dari daun pisang yang setiap ujungnya diikat menggunakan tusuk gigi. Oleh sebab jojorong berbahan dasar santan, kue ini harus langsung disantap ketika disajikan karena mudah basi.

Jojorong biasanya hanya dapat dinikmati ketika ada acara hajatan di daerah Banten, terutama Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Pada acara sunatan atau pernikahan, jojorong menjadi sajian tuan rumah bagi para tamu yang disandingkan dengan makanan trandisional lain. Meski begitu, ketika bulan Ramadhan jojorong lebih mudah didapatkan karena kue ini selalu menjadi makanan berbuka yang wajib ada bagi masyarakat Banten.

Namun punya identitas kue Indonesia seperti kue Indonesia pada umumnya kue Jojorong yaitu dibungkus dengan daun. bagi yang tertarik untuk membuat kue jojorong berikut ini bahan dan cara membuatnya.

  1. Bahan :
    ½ ons tepung kanji
    • 2 ons tepung beras
    • ½ ons gula merah, serut
    • 50 cc air daun suji dan pandan
    • 750 cc santan encer
    • garam secukupnya
  2. Toping/Jajadul :
    2 sdm tepung kanji
    • 200 cc santan kental dari 1 kelapa
  3. Cara Membuat :
    1. Jadikan satu tepung beras, tepung kanji, garam dan air suji sampai benar-benar tercampur merata.
    2. Sediakan mangkok plastik kecil atau takir daun pisang.
    3. Taruhlah gula merah dan mangkok, lalu tuangi bahan bawah (hijau) sampai tiga perempat, lalu kukuslah sampai matang.
    4. Disamping itu buatlah bahan atas atau tutup : Campurlah semua bahan sampai merata.
    5. Setelah itu tuangkan ke atas adonan hijau.
    6. Sesudah itu kukuslah lagi lebih kurang 5 menit atau sematangnya.


Catatan kaki: cara pembuatan Jojorong | kue jojorong

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini