Liburan Nyaman di Wisata Alam Tegal

Liburan Nyaman di Wisata Alam Tegal

Gerbang Tegal di kawasan Pantura © Wartabahari.com

Tegal adalah salah satu wilayah di provinsi Jawa Tengah. Wilayah yang memiliki dua pemerintahan yakni pemerintahan Kabupaten berpusat di Slawi dan wilayah Kota berpusat di Tegal ini menyimpan banyak kekayaan alam yang sayang untuk dilewatkan. Kekayaan alam di Tegal menjadi magnet wisata bagi warga Tegal sendiri hingga warga kota-kota di sekitar wilayah Tegal.

Sebelum masa libur tiba, mari kita tengok wisata-wisata alam di Tegal yang wajib dikunjungi.

  1. Waduk Cacaban
Waduk Cacaban memiliki pulau kecil di tengah waduk | ditegal.com

Waduk Cacaban berada di desa Cacaban kecamatan Kedungbanteng kabupaten Tegal. Waduk ini diresmikan oleh ir. Soekarno pada tahun 1952. Daya tarik Waduk Cacaban adalah menanti matahari terbit dari atas waduk dengan pemandangan Gunung Slamet di sisi kanannya. Selain itu, terdapat kapal-kapal kecil yang disewakan kepada wisatawan untuk mengitari waduk. Wisatawan juga bisa merasakan makanan di sekitar waduk yang sebagian besar adalah ikan tangkapan warga yang ditangkap di Waduk Cacaban.

  1. Pantai Alam Indah
PAI adalah satu-satunya pantai di Kota Tegal yang dikelola pemerintah kota Tegal | Sumber sangnanang.com

Pantai Alam Indah atau yang biasa disingkat PAI berada di area Pantura. Warga Tegal biasayanya pergi ke pantai saat pagi buta untuk menikmati angin laut sambil menanti matahari terbit. Di dalam area pantai, ada kawasan hutan mangrove yang menjadi wisata baru. Kawasan mangrove ini cocok sekali menjadi spot foto para meillenial karena sudah dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris yang kece. Tidak jarang, di kawasan mangrove juga dijadikan tempat untuk foto pre-wedding sehingga membuat kawasan mangrove makin terkenal.

  1. Pantai Purwahamba Indah
Pur-In dan PAI memiliki garis pantai yang saling terhubung yang hanya dipisahkan oleh persawahan dan pemukiman warga | Sumber http://dinparporakabtegal.sinau.co.id

Warga Tegal biasa menyebut pantai purwahamba indah dengan singkatan Pur-In. Pur-In berada di wilayah Kabupaten Tegal. Tidak berbeda jauh dengan Pantai Alam Indah, Pur-In juga ramai dikunjungi saat pagi untuk menanti matahari terbit. Ikon Pur-In yang terkenal adalah patung Tyrannosaurus atau Tyrex setinggi 10 meter di depan pintu masuk. Wahana lainnya juga dibangun untuk melengkapi tempat wisata di Pur-In, seperti wahana sepeda air dan kolam renang.

  1. Pemandian Air Panas Guci
Pemandian air panas Guci | Sumber travelspromo.com

Berada di kaki Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah dan puncak tertinggi kedua di pulau Jawa, pemandian air panas Guci selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sumber air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit menjadi daya tarik utama wisatawan. Wisata air panas Guci juga sudah dibangun beberapa kolam renang yang juga berisi air panas dilengkapi wahana lainnya seperti flying fox, area outbound dan sepeda layang. Hal tersebut membuat wisatawan merasa betah, karena meskipun berada di dataran tinggi namun tetap dapat merasakan kehangatan dengan air panas.

Selain wisata alam, wisatawan juga dapat menikmati wahana buatan lainnya yang tersedia di Tegal. Nikmati liburan bersama teman dan keluarga dengan nyaman di Tegal. Tetapi kwan GNFI jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, ya.


Catatan kaki: Dinas Pariwisata Kabupaten Tegal

Pilih BanggaBangga40%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi40%
Pilih TerpukauTerpukau20%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Tetap Ramah Lingkungan, Walau Gemar Pesan-Antar Makanan Sebelummnya

Tetap Ramah Lingkungan, Walau Gemar Pesan-Antar Makanan

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya Selanjutnya

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya

Wihdi Luthfi
@wihdiluthfi

Wihdi Luthfi

Mahasiswa semester 7 program studi Komunikasi Penyiaram Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.