Taman Lumut, Koleksi Unggulan Kebun Raya Cibodas

Taman Lumut, Koleksi Unggulan Kebun Raya Cibodas
info gambar utama

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu tempat wisata berlokasi di Jawa Barat tepatnya di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Awalnya, Kebun Raya Cibodas adalah bagian dari kebun Raya Bogor namun pada tahun 2003 Kebun Raya Cibodas secara mandiri menjadi Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kebun seluas 80 hektar memiliki beragam koleksi tanaman dari dalam Indonesia hingga luar negeri. Salah satu koleksi unggulan di Kebun Raya Cibodas adalah koleksi tumbuhan lumut yang berada Taman Lumut. Taman Lumut di Kebun Raya Cibodas mulai dibangun pada tahun 2004 dan diresmikan pada tahun 2006. Taman Lumut digunakan untuk mengoleksi beragam jenis lumut mulai dari lumut yang berasal dari sekitar cibodas, berbagai daerah di Indonesia dan lumut yang tumbuh di berbagai belahan dunia. Taman Lumut tersebut menjadi Taman Lumut terbesar di Indonesia dan menjadi Taman Lumut Outdoor (luar ruangan) terbesar di dunia yang dijadikan pusat pengembangan dan penelitian.

Koleksi lumut dibagi menjadi 3 kelompok yakni lumut hati, lumut tanduk dan lumut sejati | Sumber Flickr
info gambar

Konsep luar ruangan sengaja digunakan untuk taman seluas 1.500 m2 tersebut. Taman Lumut sengaja dirancang semirip mungkin dengan habitat asal dari lumut yang dikoleksi sehingga ditumbuhilah lumut-lumut tersebut di batang pohon, tanah, bebatuan dan media tertetu. Hal tersebut didukung kondisi taman dengan pohon yang rindang sehingga memberikan kondisi lembab seperti yang dibutuhkan lumut. Tercatat ada 235 jenis lumut yang dimiliki oleh Kebun Raya Cibodas.

Lumut yang dibiarkan hidup di luar ruangan, menyebabkan Taman Lumut berwarna serba hijau. Warna hijau tersebut berasal dari lumut yang tumbuh di batang pohon, dan tempat-tempat lainnya sehingga membuat mata pengunjung merasa sangat sejuk ketika berada di Taman Lumut. Taman Lumut juga sering menjadi tempat kunjungan studi banding para pelajar dari berbagai sekolah. Para pelajar dapat melihat dan mengamati secara langsung tumbuhan lumut dan koleksi lainnya seperti tanaman paku. Biasanya setiap rombongan pelajar akan didampingi 3 orang pemandu yang dapat membantu selama berada di tempat koleksi.

Air Terjun Cibeureum memiliki ketinggian 50 meter | Sumber Hargatiket.net
info gambar

Selain memiliki Taman Lumut, Kebun Raya Cibodas juga memiliki Taman Paku-Pakuan, Taman Mawar, Taman Rhododendron dan Taman Sakura yang biasanya mekar selama dua minggu pada bulan Januari - Februari dan bulan Juli - Agustus. Di dalam Kebun Raya Cibodas juga terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Cibeureum yang merupakan salah satu wisata alam di kawasan Gunung Pangrango.

Setelah mengetahui tentang Kebun Raya Cibodas, yuk mampir kesana. Kawan GNFI tidak hanya dapat menikmati kenyamanan menyatu dengan alam di Kebun Raya Cibodas, tetapi juga bisa belajar mengenai keanekaragaman hayati yang menjadi koleksi Kebun Raya Cibodas.


Catatan kaki: Kebun Raya Cibodas | LIPI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini