Kulon Progo dan Tarakan-pun Kini Tersambung Langsung

Kulon Progo dan Tarakan-pun Kini Tersambung Langsung
info gambar utama

Sehubungan dengan hari perhubungan nasional yang jatuh pada tanggal 17 September kemarin, artikel kali ini berisikan bagaimana kini pulau satu dan lainnya di Indonesia perlahan mulai tersambung melalui moda transportasinya.

Ilustrasi YIA | Sumber: Angkasa Pura Properti
info gambar

Mulai 25 September, maskapai berbiaya rendah Lion Air akan mengoperasikan rute baru dari Tarakan di Kalimantan Utara ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA - Yogyakarta International Airport) baru di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Maskapai ini akan menjadi maskapai pertama dan satu-satunya yang menghubungkan kedua daerah tersebut, menurut pernyataan pada hari Selasa.

Penerbangan non-stop dua jam 10 menit akan tersedia setiap hari, berangkat dari YIA pukul 6 pagi dan mendarat di Bandara Internasional Juwata Tarakan pukul 09:10 pagi. Sementara itu, layanan kembali akan lepas landas pada jam 9:50 dari Tarakan dan tiba di Yogyakarta pada jam 11 pagi.

Menggunakan Boeing 737-800NG, layanan baru ini menawarkan 189 kursi kelas ekonomi.

Boeing 737-800NG | Foto: Fikriansyah
info gambar

Kabupaten Kulon Progo adalah rumah bagi banyak atraksi, termasuk Gua Kebon Krembangan, Pantai Glagah Indah, Hutan bakau, kebun bunga matahari, arung jeram di Kalibawang dan desa wisata batik di kabupaten Lendah.

Sementara itu, Tarakan, yang berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah dan Sarawak Malaysia, menawarkan hutan bakau dan belalai daerah konservasi monyet, Tarakan Round House Museum, dan Pantai Amal Baru.


Catatan kaki: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini