Meninjau Kembali Tantangan dan Solusi Energi Terbarukan

Meninjau Kembali Tantangan dan Solusi Energi Terbarukan
info gambar utama

Seperti yang kita ketahui energi terbarukan adalah energi yang diperoleh dari alam seperti matahari, angin, hujan serta panas bumi. Banyak sekali pro dan kontra mengenai perkembangan energi ini bahkan saat ini energi terbarukan belum terlalu diketahui oleh masyarakat, mengingat informasi ini belum terlalu luas di masyarakat. Tapi tahukah kamu kalau pengembangan energi terbarukan memiliki manfaat yang sangat penting?

Menurut survei yang dilakukan oleh Coaction Indonesia melalui platform change.org selama 40 hari, responden mengemukakan beberapa pendapat mereka mengenai manfaat dari energi terbarukan.

Sebanyak 20 persen responden mengatakan bahwa energi terbarukan itu tidak merusak alam, 19,8 persen mengatakan agar lingkungan lebih bersih, dan 19,7 persen agar sumber energi tidak habis. Dari survei yang dilakukan sebagian besar responden manfaat energi ini dilakukan adalah agar tidak merusak alam.

Namun, sebelum menjalankan pengembangan energi terbarukan ada beberapa tantangan yang menghambat pengembangan ini dilakukan. Survei Coaction Indonesia melalui platform change.org mendapati ada beberapa kendala seperti pemimpin daerah yang belum mendukung dengan baik sebesar 11,2 persen, Indonesia belum bisa produksi (11,7 persen), energi fosil masih menjadi andalan masyarakat kita (13,9 persen), dan yang paling banyak adalah masih banyak yang belum mengerti pentingnya energi terbuka sebesar 19,7 persen.

Menurut semua responden, tantangan terbesar untuk pengembangan energi terbarukan adalah masih banyak yang belum mengerti pentingnya energi terbarukan. Sangat disayangkan jikalau energi yang ada tidak dimanfaatkan dengan benar dan menjadikan tantangan tersebut menghalangi adanya pengembangan energi terbarukan.

Ada beberapa solusi efektif percepatan yang ditawarkan oleh responden mengenai kendala pengembangan energi terbarukan, yaitu:

  1. Pemerintah lebih agresif mengembangkan energi terbarukan
  2. Harus ada regulasi
  3. Dorongan bagi kepala daerah menggunakan energi terbarukan
  4. Mendukung inisiatif swasta gunakan energi terbarukan
  5. Mendorong kredit perbankan untuk pembiayaan energi terbarukan
Infografis diseminasi survei publik tentang energi terbarukan © change.org x Coaction Indonesia
info gambar

Pada kesempatan ini diharapkan solusi yang ditawarkan oleh para responden dapat diterima dengan baik mengingat Indonesia yang dianugerahi sumber daya alam yang melimpah dan kita patut bersyukur jika dibandingkan dengan negara-negara tanpa sumber energi tersebut. Bukan hanya itu saja, kita juga harus mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang kita miliki saat ini.

Kita dapat lebih memanfaatkan sumber daya seperti angin, air, dan surya tanpa merusak alam. Selain itu, pemerintah diharapkan dapat lebih agresif mengembangkan energi terbarukan. Masyarakat juga diharapkan dapat berpikiran terbuka mengenai pengembangan ini.

Kita semua tentunya mencintai Indonesia yang kaya akan sumber daya, alangkah baiknya jika kita bisa mulai untuk memahami mengenai energi terbarukan serta pemanfaatannya di kehidupan mendatang.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini