Peringkat Universitas Dunia Oleh Times Higher Education 2019

Peringkat Universitas Dunia Oleh Times Higher Education 2019
info gambar utama

Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai universitas terbaik di Indonesia dan peringkat ketujuh di Asia Tenggara dalam Peringkat Universitas Dunia tahunan (WUR - Would University Ranking) 2020 yang dirilis oleh Times Higher Education (THE), penyedia media dan data yang mendukung keunggulan universitas di setiap benua di seluruh dunia.

Peringkat tahun ini mencakup 1.400 universitas di 92 negara, dengan Universitas Oxford, Institut Teknologi California, dan Universitas Cambridge di tiga besar.

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, UI berada di peringkat 601-800 di dunia.

Institut Pertanian Bogor | Sumber: IPB.ac.id
info gambar

Selain UI, daftar ini juga mencakup lima universitas lokal lainnya, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Namun, universitas selain UI diperingkatkan di kisaran 1000+ di dunia.

WUR adalah satu-satunya peringkat universitas yang diaudit secara independen oleh perusahaan jasa profesional PricewaterhouseCoopers (PWC).

Sistem pemeringkatan tersebut menggunakan 13 indikator kinerja terkalibrasi yang dikelompokkan ke dalam lima bidang, yaitu pengajaran, penelitian, kutipan, pandangan internasional, dan pendapatan industri.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa universitas telah meningkat, yang ditunjukkan oleh peringkat THE.

Sebagai universitas terbaik di Indonesia, Anis mengatakan lembaga itu saat ini fokus pada menjadi lembaga think tank dan menyelesaikan masalah di masyarakat.

"Dengan fokus pada tiga kelompok penelitian, yaitu kesehatan, sosial kemanusiaan, dan ilmu teknologi, UI berkomitmen untuk menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat,” kata Anis.

Berikut 6 universitas terbaik di Indonesia berdasarkan WUR:

1. Universitas Indonesia (UI)

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

4. Universitas Brawijaya

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Berikut 10 universitas terbaik di Asia Tenggara berdasarkan WUR:

University of Malaya | Sumber: Malay Mail
info gambar

1. National University of Singapore

2. Nanyang Technological University, Singapore

3. University of Malaya

4. Universiti Brunei Darussalam

5. University of the Philippines

6. Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

7. Universitas Indonesia

8. Universiti Kebanggaan Malaysia

9. Mae Fah Luang University

10. Mahidol University


Catatan kaki: Malay Mail | Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini