Mengatur Keuangan Millennial: Tips dan Tantangannya

Mengatur Keuangan Millennial: Tips dan Tantangannya

ilustrasi keuangan ©helloquence

Generasi millennial saat memiliki kehidupan yang konsumtif, terkadang mereka tidak bisa membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan.

Padahal kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang sangat berbeda. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dilengkapi demi keutuhan hidup manusia sedangkan keinginan adalah suatu sifat yang tidak memiliki keharusan dan tidak wajib untuk memenuhinya.

Millennial harus bisa mengatur keuangan dengan bisa membedakan kedua hal tersebut mengingat ini adalah hal yang sangat penting. Manajemen keuangan memang tidak diajarkan ketika kita duduk di bangku sekolah ataupun kuliah, tetapi hal ini akan kita hadapi ketika kita sudah mulai bekerja atau mulai memikirkan masa depan entah itu untuk pendidikan, kehidupan rumah tangga atau hal lainnya.

Untuk itu, Good News from Indonesia (GNFI) melalui bincang-bincang bersama Erlina Juwita seorang founder Cerdas Keuangan sekaligus perencana keuangan, membagikan tips mengatur keuangan serta tantangannya. Anak muda saat ini menghadapi beberapa tantangan yaitu:

  1. Literasi Milenial yaitu millennial saat ini suka mencari pengalaman baru seperti travelling tapi mereka tidak bisa mengatur keuangan atau mengetahui alokasi dana mereka.
  2. Life style yaitu gaya hidup yang tinggi yang mendorong adanya perilaku konsumtif yang berlebihan.
  3. Utang atau pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tinggi anak muda seringkali mengorbankan dirinya untuk memakai paylater.
  4. More experience less investment
  5. Tantangan inflasi dan global
Caption (Sumber Gambar)
Erlina Juwita | Foto: Instagram @erlrights

Dari beberapa tantangan yang disebutkan tidak dapat dipungkiri bahwa lambat laun itu adalah hal yang harus kita hadapi. Erlina memberikan beberapa solusi yaitu millenial harus cerdas dalam mengantisipasi keuangan, bisa terlihat keren tapi tidak perlu mengorbankan keuangan.

Pinjaman online saat ini juga sangat marak, tapi kita bisa mengantisipasinya dengan cara membatasinya terlebih dahulu agar tidak berlebihan.

“Sekarang memang banyak pinjaman online, tapi kita harus pandai memilih sembari memperhatikan bunga yang ditawarkan oleh mereka,” ujarnya. Selain itu Erlina juga menyebut tantangan seperti inflasi bisa diantisipasi dengan menetukan investasi yang benar.

Mengatur keuangan dengan tepat untuk masa depan tentunya sangat amat baik jika dipersiapkan dengan benar dan tentunya penuh dengan pertimbangan yang matang. Mulai dari mengurangi perilaku yang konsumtif serta mengurangi yang namanya paylater.

Yuk lebih bijak mengelola keuangan pribadi!***

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Semen Indonesia Raih Penghargaan Perusahaan Terbaik Tingkat Asia Tenggara Sebelummnya

Semen Indonesia Raih Penghargaan Perusahaan Terbaik Tingkat Asia Tenggara

Di Pasar Tradisional ini, Rupiah diganti dengan "Dhono" Selanjutnya

Di Pasar Tradisional ini, Rupiah diganti dengan "Dhono"

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.