Aroma Kelezatan Dari Si Tumbuhan Pemakan Serangga

Aroma Kelezatan Dari Si Tumbuhan Pemakan Serangga
info gambar utama

Sudah pernah mengkonsumsi makanan yang di wadahi oleh kantong semar? Atau kamu baru tahu bahwa Kantong Semar bisa dipakai sebagai wadah makanan?

Tumbuhan karnivora ini dikenal sebagai tumbuhan yang menjadikan serangga sebagai makanan sehari-harinya. Kantong Semar punya nama Latin Nepenthes dan merupakan tumbuhan yang termasuk dalam family Nepenthaceae yang monogerik. Tumbuhan ini ada puluhan jenis tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, Maluku dan Kalimantan.

Umumnya tumbuhan ini berhabitat di tempat yang lembab dan gelap, keunikan tumbuhan ini terletak pada 'kantong semar' yang mirip kuntum bunga, berbentuk corong. Melalui corong inilah tanaman ini menangkap serangga dan mengolahnya sebagai makanan.

Tanaman ini menggunakan berbagai teknik seperti nektar, bau dan warna untuk memancing serangga, dan kantongnya memiliki lapisan tipis dan halus yang membuat mangsa mereka sulit melarikan diri dan terperangkap.

Di Borneo Tumbuhan ini diolah menjadi sebuah makanan yang dikenal sebagai Thien Ang atau kerap disapa Nasi Pulut. Untuk membuat nasi pulut dari kantong semar dibutuhkan kantong semar yang memiliki ukuran yang lebih besar, tidak terlalu tua atau rapuh agar lebih mudah dibersihkan dan diolah.

kantong semar yang siap diolah @fooddetik.com
info gambar

Setelah menemukan kantong semar yang diinginkan hal selanjutnya adalah membersihkan kantong semar dari kotoran dan menggunting atau merapikan mulut kantong Semar agar rapi dan mudah untuk dimasukkan beras dan santan.

Kantong Semar dipakai sebagai wadah dari kue yang terbuat dari beras dan santan ini. Bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatan makanan ini juga mudah dicari seperti beras, santan, gula, garam dan kacang beras.

Pembuatannya juga mudah hanya perlu mencampur semua bahan dan menuangkannya kedalam kantong semar yang telah dibersihkan setelah itu mengukusnya kurang lebih 10-20 menit. Setelah matang warna kantong semar akan berubah menjadi kecoklatan.

kantong semar yang siap untuk dikonsumsi @fooddetik.com
info gambar

Kuliner ini menjadi kuliner favorit warga borneo karena mudah dicari dan rasanya yang enak. Bagi turis asing/lokal kudapan ini sangat sederhana dan unik tapi cita rasa dari makanan ini sangat enak serta memiliki aroma harum yang dihasilkan oleh kantong semar.

Kudapan ini bukan hanya dikenal di Kalimantan saja, tapi Kepulauan Riau juga ada mengkonsumsi makanan satu ini walaupun hanya beberapa daerah tertentu saja.

Penasaran dengan makanan satu ini? Yuk berkunjung ke Kalimantan dan rasakan sensasinya!

Sumber: Detik | bbc

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini