Kera dan Monyet, Bedanya Apa Sih?

Kera dan Monyet, Bedanya Apa Sih?
info gambar utama

Siapa sih yang tidak kenal dengan hewan satu ini, hewan yang gemar menggelantungkan dirinya di pohon dan suka dengan buah-buahan. Keberadaan satwa ini hampir tersebar di sebagian besar wilayah di Dunia. Banyak yang menyebut kera dengan sebutan monyet dan sebaliknya.

Lalu apakah monyet dan kera adalah hewan yang sama? Lalu yang mana kera dan yang mana pula yang disebut monyet? Lantas, apa apa saja perbedaan antara kedua hewan ini?

Monyet dan kera merupakan hewan mammalia (menyusui) dari Primata (Primates). Primata ini termasuk hewan lemur, tarsius, monyet, kera, dan manusia. Untuk tarsius dan lemur memang lebih gampang dibedakan, baik dari ukuran tubuh maupun bentuk fisiknya. Tapi, untuk kera dan monyet sering saling tertukar dalam penggunaan dan penyebutannya.

Sederhananya hewan ini memiliki perbedaan yang terletak pada ekornya. Monyet memiliki ekor yang terlihat lebih panjang, seperti lutung, kelasi, bekantan dan beruk. Tapi tidak demikian dengan kera, sebagian besar literatur dan fakta memperlihatkan hewan yang disebut Kera adalah yang tidak memiliki ekor.

Monyet @ Bill Wegenner
info gambar

Selain memiliki perbedaan pada ekor, monyet dan kera juga memilikimperbedaan pada pergerakan dan volume otaknya. Ketika mereka bergerak, kera mempunyai lengan yang cenderung lebih panjang dan bisa berjalan menggunakan kedua kakinya. Kera juga cenderung hidup di atas pohon, sedangkan monyet cenderung berjalan menggunakan kedua kaki dan tanganya. Habitat monyet lebih terkesan semi terestrial yaitu hidup dipohon dan didarat/tanah.

Volume otak yang dimiliki oleh kera lebih besar dibandingkan monyet. Perbedaan lainnya kera memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, pergerakan lebih lambat dan cenderung soliter (sendiri/tidak berkelompok). sedangkan monyet memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari pada kera, pergerakan lebih cepat dan lincah, dan cenderung hidup berkelompok.

Pada dasarnya, monyet dan kera adalah satwa yang unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. misalnya monyet yang memiliki bulu merah bernama kelasi dan kera kecil yang bernama kelempiau yang sangat cepat dan lincah.

saat ini populasi kera dan monyet yang berada di alam liar semakin berkurang mengingat maraknya penebangan hutan secara liar dan penangkapan yang tidak terkendali. Hilangnya habitat hidup mereka berupa hutan adalah alasan utama keberadaan kedua hewan ini dari waktu ke wakty semakin berkurang dan drastis. Seperti monyet bernama bekantan yang terancam kepunahannya, mengingat habitat hidup si bekantan terdapat di pesisir sungai di Wilayah Kalimantan.

Sumber: Wwf | Kompasiana

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini