Pertama Kali Hadir di Indonesia, FEALAC Day

Pertama Kali Hadir di Indonesia, FEALAC Day
info gambar utama

Bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, FEALAC Youth Forum, anakmuda.net, weddinc, ALSA Universitas Padjadjaran, Pemerintah Kota Bandung, Dispora Kota Bandung, dan Disbudpar Kota Bandung, Kementerian Luar Negeri RImenyelenggarakan perayaan hari jadi ke-20 FEALAC (The Forum for East Asia and Latin America Cooperation) dental mengambil lokasi di Bale Sawala Gedung Rektorat Kampus Unpad, Jatinangor dan FEALAC Youth Center, Kamis, 26 September 2019.

Dalam pertemuan 19th Senior Official Meeting (SOM) di Laos, November 2018 lalu Indonesia pertama kali mengusulkan FEALAC DAY menjadi acara perayaan yang diterima oleh seluruh negara anggota FEALAC lainnya.

Pak Direktur KSIA Amerop Masni Eriza bersama para pembicara dan moderator Talk Show dan Games | Sumber: Istimewa
info gambar

Dalam FEALAC DAY ini terdapat 4 (empat) kegiatan, yaitu pameran negara-negara anggota FEALAC, Talk Show dengan tema “Maximizing Potential among FEALAC Youth Across Pacific and Atlantic Ocean”, pelatihan “Coding for Mom and Women Entrepreneurs,” dan kunjungan ke FEALAC Youth Center.

Acara FEALAC DAY dibuka secara resmi oleh Direktur Kerja Sama Intrakawasan dan Antarkawasan (KSIA) Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI Masni Eriza. Dalam sambutan pembukaannya, Masni menyatakan “Perayaan FEALAC DAY ini adalah untuk menyebarluaskan keberadaan FEALAC kepada generasi muda Indonesia, dimana FEALAC adalah satu-satunya kerja sama inter regional yang menghubungkan 16 negara Asia Timur dan 20 negara Amerika Latin yang mewakili 33,5% daratan dunia dan lebih dari 1/3 GDP dunia dan perdagangan dunia”

Manajer Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Hukum Unpad, Agus Suwandono, S.H., LL.M. dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan FEALAC DAY ini adalah acara yang baik untuk mengenalkan FEALAC kepada mahasiswa. Melalui acara ini mahasiswa menjadi mengetahui seperti apa bentuk-bentuk kerja sama Asia Timur dan Amerika Latin.”

Pak Direktur Masni Eriza, Asisten Walikota Bandung, Perwakilan negara2 anggota Fealac berfoto bersama Relawan Fealac Youth Forum di Bandung | Sumber: Istimewa
info gambar

Dalam acara Talk Show FEALAC DAY yang bertemakan “Maximizing FEALAC Potential Among FEALAC Youth Across Atlantic and Pacific Ocean”, panelis pada gelar wicara ini para generasi muda yang diwakili oleh Sekretaris Kedua Kedutaan Besar Republik Kolombia Kemlu, Juan Pablo Osorio Jaramillo, Dosen Program Studi Hubungan Internasional Unpad Viani Puspita Sari, S.IP., M.Si., Koordinator FEALAC Youth Center Volunteer Eko Firman Fadhilah, dan Pejabat Fungsional Diplomat Muda Kemlu RI Noviasari Rustam.

Sejarah FEALAC secara singkat, tata organisasi FEALAC dan kontribusi yang sudah dilakukan oleh Kolombia kepada FEALAC sampan dijelaskan pada kesempatan tersebut, oleh Juan. Juan mengajak generasi muda untuk saling belajar bahasa dan budaya masing-masing negara FEALAC untuk lebih mendekatkan satu sama lain.

Viani mengatakan generasi muda FEALAC harus aktif dalam diplomasi public untuk memaksimalkan potensi FEALAC. Viani menegaskan bahwa dalam era konstelasi hubungan internasional saat ini, diplomasi publik bukan hanya milik diplomat, namun generasi muda juga adalah para diplomat.

Suasana talk show | Sumber: Istimewa
info gambar

Sementara itu, Eko Firman Fadhillah menyampaikan berbagai aktivitas di FEALAC Youth Center yang diresmikan oleh Walikota Bandung bulan Januari 2018. Eko Firman mengajak para mahasiswa Unpad khususnya dan generasi muda pada umumnya untuk menyemarakkan kegiatan-kegiatan di FEALAC Youth Center. Sebagai penutup, Noviasari Rustam dari Kemlu RI mengajak seluruh generasi muda untuk turut menyumbangkan gagasan-gagasan brilian dan inovatif bagaimana keberadaan FEALAC dapat dimanfaatkan untuk seluruh anggotanya.

Acara FEALAC DAY diakhiri dengan pelaksanaan lokakarya dengan tema “Coding for Mom and Women Entrepreneur”, yang dipandu oleh tim dari Anakmuda.net, Weddinc dibantu Asian Law Students’ Association (ALSA) Fakultas Hukum Unpad, dan kunjungan ke FEALAC Youth Center yang berlokasi di Bandung Creative Hub. Dalam kunjungan ke FEALAC Youth Center ini, rombongan disambut para relawan FEALAC Youth Forum yang mempertunjukkan berbagai kesenian negara-negara FEALAC seperti tari Salsa dari Spanyol dan kesenian Karinding dari Indonesia khususnya Jawa Barat. Rombongan juga melihat arsip foto kegiatan-kegiatan FEALAC Youth Center yang telah dilakukan.


Catatan kaki: Istimewa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini