Fakta Mengenai Pariwisata Indonesia oleh Google Indonesia

Fakta Mengenai Pariwisata Indonesia oleh Google Indonesia
info gambar utama

Google telah merilis beberapa fakta dan angka menarik tentang perkembangan terbaru dalam pariwisata Indonesia untuk memperingati Hari Pariwisata Sedunia, yang jatuh pada 27 September setiap tahunnya.

Fakta tersebut termasuk minat orang Indonesia yang semakin besar terhadap pariwisata, Google Trends menunjukkan bahwa pencarian terkait perjalanan telah meningkat 39 persen dalam 18 bulan terakhir, sementara pencarian hotel dan akomodasi melonjak 37 persen dalam periode yang sama.

Trans Studio Bandung | Sumber: YouTube
info gambar

Pencarian promo dan layanan terkait

Antara Januari 2018 hingga Juni tahun ini, Google Trends melihat peningkatan 20 persen dalam pencarian untuk agen perjalanan online (OTA - online travel agencies), termasuk Traveloka, tiket.com, dan Pegipegi.

“Pertumbuhan ini didukung oleh aplikasi ponsel pintar yang digunakan oleh orang Indonesia karena banyak dari OTA ini telah mengembangkan aplikasi mereka sendiri untuk memfasilitasi wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka,” kata manajer industri Google Indonesia Zulfi Rahardian pada 24 September di Jakarta Selatan.

Zulfi menambahkan bahwa pengguna internet yang mencari OTA sebagian besar mencari promosi, dan tarifnya telah meningkat 38 persen dalam 18 bulan terakhir.

Mereka juga tertarik dengan fitur dan layanan platform pemesanan online ini, dengan frasa pencarian seperti "cara check-in di Traveloka", "cara menjadwal ulang di Traveloka", "bagaimana untuk mengajukan pengembalian uang di tiket.com” dan “pembayaran Traveloka later” yang sering digunakan.

Pencarian ini meningkat 138 persen dibandingkan periode yang sama, menunjukkan bahwa wisatawan semakin selektif dan mereka lebih sadar akan pengembalian uang, penjadwalan ulang, dan fasilitas bayar-nanti.

Peningkatan dalam kegiatan dan tujuan wisata

Wisatawan juga tampaknya ingin memperluas pengalaman liburan mereka karena Google Trends mencatat peningkatan 47 persen dalam pencarian tentang tujuan dan kegiatan wisata.

Menariknya, para wisatawan ini sebagian besar mencari tujuan terdekat dengan tempat mereka tinggal. Pencarian untuk "mal terdekat", "restoran terdekat," dan "tujuan wisata terdekat" antara lain telah berlipatganda sebesar 3,6 kali, menunjukkan bahwa bisnis lokal memiliki peluang untuk terlibat dalam pariwisata.

Situs Pariwisata dan Taman paling banyak dicari

Mengikuti perkembangan pencarian wisata untuk tujuan pariwisata, Google telah mendaftarkan situs yang paling banyak dicari dan taman hiburan di Indonesia.

Ruwatan rambut gimbal di Dieng | Sumber: Kampusnesia
info gambar

Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah memimpin daftar top 10 situs wisata. Dataran Tinggi Dieng dikenal dengan ritual ruwatan potong rambut gimbal (pemurnian rambut gimbal) tahunan, yang juga merupakan bagian dari Festival Budaya Dieng.

Berikut adalah top 10 destinasi wisata yang paling banyak dicari:

  1. Dieng, Jawa Tengah
  2. Gunung Bromo, Jawa Timur
  3. Candi Borobudur, Jawa Tengah
  4. Candi Prambanan, Yogyakarta
  5. Kota Tua, Jakarta
  6. Nusa Penida, Bali
  7. Gunung Semeru, Jawa Timur
  8. Gunung Ijen, Jawa Timur
  9. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
  10. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Top 10 theme parks paling banyak dicari di Indonesia:

  1. Dufan, Jakarta
  2. Taman Safari Indonesia, Jawa Barat
  3. Trans Studio Bandung, Jawa Barat
  4. Jatim Park 3, Jawa Timur
  5. Jungleland, Jawa Barat
  6. Waterboom Lippo Cikarang, Jawa Barat
  7. SeaWorld, Jakarta
  8. Jatim Park 2, Jawa Timur
  9. Jatim Park 1, Jawa Timur
  10. Devoyage Bogor, Jawa Barat


Catatan kaki: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini