Pelopor Batik Nasional Bernama R.A. Kartini

Pelopor Batik Nasional Bernama R.A. Kartini

R.A. Kartini © citra Indonesia.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Bertepatan dengan hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini (2/9) alangkah baiknya jikalau kita mengingat kembali tokoh penting yang mengenalkan batik ke mancanegara. Dia adalah Kartini seorang wanita yang sangat terkenal hingga saat ini, yang pada tanggal 21 April selalu kita peringati sebagai hari Kartini.

Kartini bukan hanya dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita tapi Kartini juga dikenal sebagai wanita yang memperkenalkan batik pada zamannya. Sehingga ada batik yang bernama batik Kartini, batik inilah yang diperkenalkan Kartini hingga ke mancanegara.

Dahulu Kartini mulai mengenal seni batik sejak usia 12 tahun, ketika dia sudah meninggalkan bangku sekolah dan masuk ke ruang pingitan. Dia belajar pada seorang pekerja tetap di kadipaten. Namanya Mbok Dullah. Lalu ada satu waktu saat Kartini pernah menghadiahkan sarung batik karya tangannya sendiri kepada Nyonya Abendanon, istri Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia-Belanda pada tahun 1900-1905.

Pada 1898, di Den Haag, Belanda, diadakan Pameran Nasional Karya Wanita. Ratu Wilhelmina yang datang mengunjungi pameran, tertarik pada sebuah stan bertuliskan “Java”. Di stan itu dipamerkan berbagai karya wanita-wanita Hindia-Belanda, termasuk dari Jawa.

Rupanya, Ratu Belanda itu tertarik pada batik. Saking tertariknya, dia membolak-balik dan membaca naskah yang menulis tentang kisah batik dan teknik pembuatannya.

Batik R.A. Kartini @ kompasiana.com

Naskah itu berjudul “Handschrift Japara” yang ditulis dengan bahasa Belanda yang baik oleh Kartini. Naskah itu telah memperkenalkan karya tangan atau kerajinan rakyat Nusantara, termasuk batik, kepada dunia luar. Jadi bisa dikatakan Kartini adalah Duta Batik Indonesia yang meperkenalkan Batik hingga ke Mancanegara.

Sampai saat ini, kita tentunya pernah mendengarbatik Kartini yaitu jenis batik yang menggunakan motif sesuai dengan motif dan corak buatan Kartini sendiri. Motif yang dibuat oleh kartini dihiasi dan dipenuhi dengan bunga-bunga kecil dan kupu-kupu dalam gaya Jawa kuno.

Bisa dikatakan semua yang berkaitan dengan batik tentunya tak lepas dari campur tangan Kartini, ia bukan hanya seorang ahli batik tetapi ia juga adalah seorang yang berjasa dalam mengenalkan batik kepada dunia dan batik adalah salah satu warisan budaya bangsa Indonesia pada dunia.

Sumber : Kumparan | Tempo

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Hari Batik Nasional dan Eksistensinya di Dunia Sebelummnya

Hari Batik Nasional dan Eksistensinya di Dunia

Naila Novaranti Raih Penghargaan MURI Usai Terjun Payung di 7 Benua Selanjutnya

Naila Novaranti Raih Penghargaan MURI Usai Terjun Payung di 7 Benua

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.