Pelopor Batik Nasional Bernama R.A. Kartini

Pelopor Batik Nasional Bernama R.A. Kartini
info gambar utama

Bertepatan dengan hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini (2/9) alangkah baiknya jikalau kita mengingat kembali tokoh penting yang mengenalkan batik ke mancanegara. Dia adalah Kartini seorang wanita yang sangat terkenal hingga saat ini, yang pada tanggal 21 April selalu kita peringati sebagai hari Kartini.

Kartini bukan hanya dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita tapi Kartini juga dikenal sebagai wanita yang memperkenalkan batik pada zamannya. Sehingga ada batik yang bernama batik Kartini, batik inilah yang diperkenalkan Kartini hingga ke mancanegara.

Dahulu Kartini mulai mengenal seni batik sejak usia 12 tahun, ketika dia sudah meninggalkan bangku sekolah dan masuk ke ruang pingitan. Dia belajar pada seorang pekerja tetap di kadipaten. Namanya Mbok Dullah. Lalu ada satu waktu saat Kartini pernah menghadiahkan sarung batik karya tangannya sendiri kepada Nyonya Abendanon, istri Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia-Belanda pada tahun 1900-1905.

Pada 1898, di Den Haag, Belanda, diadakan Pameran Nasional Karya Wanita. Ratu Wilhelmina yang datang mengunjungi pameran, tertarik pada sebuah stan bertuliskan “Java”. Di stan itu dipamerkan berbagai karya wanita-wanita Hindia-Belanda, termasuk dari Jawa.

Rupanya, Ratu Belanda itu tertarik pada batik. Saking tertariknya, dia membolak-balik dan membaca naskah yang menulis tentang kisah batik dan teknik pembuatannya.

Batik R.A. Kartini @ kompasiana.com
info gambar

Naskah itu berjudul “Handschrift Japara” yang ditulis dengan bahasa Belanda yang baik oleh Kartini. Naskah itu telah memperkenalkan karya tangan atau kerajinan rakyat Nusantara, termasuk batik, kepada dunia luar. Jadi bisa dikatakan Kartini adalah Duta Batik Indonesia yang meperkenalkan Batik hingga ke Mancanegara.

Sampai saat ini, kita tentunya pernah mendengarbatik Kartini yaitu jenis batik yang menggunakan motif sesuai dengan motif dan corak buatan Kartini sendiri. Motif yang dibuat oleh kartini dihiasi dan dipenuhi dengan bunga-bunga kecil dan kupu-kupu dalam gaya Jawa kuno.

Bisa dikatakan semua yang berkaitan dengan batik tentunya tak lepas dari campur tangan Kartini, ia bukan hanya seorang ahli batik tetapi ia juga adalah seorang yang berjasa dalam mengenalkan batik kepada dunia dan batik adalah salah satu warisan budaya bangsa Indonesia pada dunia.

Sumber : Kumparan | Tempo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MD
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini