Kebun Teh Cikuya Bernuansa Puncak Bogor

Kebun Teh Cikuya Bernuansa Puncak Bogor
info gambar utama

Destinasi wisata di alam Banten tak kalah indah dengan daerah lain. Banyak tempat wisata di negeri Jawara ini yang menyuguhkan keindahan panorama alam. Salah satunya kebun teh Cikuya di Kabupaten Lebak. Bahkan, suasana yang sejuk dengan nuansa pepohonan alami ini membuat para pengunjung berasa ada di Puncak Bogor, Jawa Barat.

Wisata Kebun Teh Cikuya di Cibeber Lebak Banten adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kampung Cikuya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia. Wisata Kebun Teh Cikuya di Cibeber Lebak Banten adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Selalu ramai pengunjung | sumber: picdeer.com
info gambar

Wisata Kebun Teh Cikuya di Cibeber Lebak Banten ini telah dibuka sekitar tahun 2006 yang dikelola oleh PT.Harendong Green Farm dengan luas areal sekitar 120 Ha. Di kebun teh ini tidak hanya melihat keindahan kebun teh yang berjajar rapi saja, namun suasana sejuk dan dingin yang dihadirkan kebun inipun tak kalah dengan kebun-kebun teh yang sudah di kenal sebelumnya. Awalnya, lahan tersebut merupakan hutan rakyat yang digarap oleh warga. Saat ini lahan yang sudah ditanami pohon teh yakni seluas 43 hektar. Sedangkan jumlah karyawan tetap yang bekerja di perusahaan yakni sebanyak 90 orang.

Perkebunan teh Cikuya dikelola oleh PT Harendong Green Farm serta perkebunan ini mempunyai ketinggian 750 – 1200 mdpl. Di hari-hari libur dan weekend kebun teh Cikuya cukup ramai didatangi wisatawan lokal maupun luar daerah. Hal yang menarik ketika akan ke kebun teh Cikuya yaitu saat dalam perjalanan kita akan disambut dengan pegunungan, pantai, yang siap memanjakan mata. Waktu yang cocok untuk mengunjungi ke kebun teh ini yaitu saat sore hari, karena bisa sambil menikmati matahari terbenam.

Karakteristik perkebunan teh cikuya ini berada pada areal perbukitan dan landscape yang cukup luas, sehingga menciptakan panorama perkebunan teh yang asri dan indah sehingga banyak pengunjung yang datang ke destinasi ini, dengan tanaman teh yang menyerupai labirin yang cocok untuk berfoto. Suasana sejuk akan mulai terasa, saat tiba di pabrik pengolahan teh. Semua orang yang mengunjungi kebun the ini akan berdecak kagum, karena ternyata di peloksok di wilayah Lebak Selatan, terdapat kebun teh yang tak kalah indahnya.

Spot foto yang indah | sumber: redaksi24.com
info gambar

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Kebun Teh Cikuya di Cibeber Lebak Banten, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburannya. Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga atau teman.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.


Catatan kaki: Nuansa puncak | Wisata kebun teh cikuya | Kebun teh

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini