Arung Jeram Di Sungai Ciberang yuk

Arung Jeram Di Sungai Ciberang yuk

Arung Jeram Sungai Ciberang ©banten-rafting.com

Salah satu liburan yang paling seru dan ekstrim bersama teman, sahabat, atau keluarga salah satunya adalah wisata Arung Jeram. Dan bagi kalian yang di daerah Banten khususnya di daerah Lebak, tidak usah khawatir mencari Arung Jeram. Karena di Sungai Ciberang ada arung jeram.

Sungai Ciberang adalah salah satu tujuan wisata alam terletak di Kampung Muara, Desa Banjar Sari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sungai yang memiliki lebar 40-50 m dan kedalaman 1-20 m ini, bersumber dari Pegunungan Halimun Halimun – Salak masih tetap terjaga kealamianya, dan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya.

Selain sebagai sumber kehidupan, sungai ini juga mulai menjadi daya tarik wisata, khususnya bagi wisatawan yang senang berolah raga Arum Jeram. Karenaderas airyang manantang adrenalin dan debit Air yang mengalir dari hulu sungai Ciberang tetap stabil dengan ketinggian air antara 40 centimter – 60 centimeter. Sejak tanggal 1 Desember 2007, Gubernur Banten, Hj. Ratu Atut Chosiyah,SE, meresmikan sungai ini sebagai tempat wisata dan aktifitas olah raga arum jeram.

Trek yang sangat menantang | sumber: tempatberliburwisata.blogspot.com

Arum jeram di sungai Ciberang ini dimasukan kedalam 2 golongan ya itu kelas 2 dan 3 untuk sarana arum jeram sesuai Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) yang mengacu pada standar asosiasi arung jeram internasional, America Whitewater Assocation (AWA). Untuk itu, Sungai Ciberang sangat aman bagai pemula yang akan bermain arum jeram.

Untuk trek pendek, start pertama arum jeram berada di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gendong dan finish di Desa Banjar Irigasi, Kecamatan Lebak Gendong. Trek ini memiliki panjang 11 kilometer, dengan daya jarak tempuh waktu kurang lebih sekitar 2,5 jam saja. Sedangkan untuk trek panjang start pertama juga masih berada di Kampung Muhara akan berakhir di Desa Leuwih Bujal, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, dengan panjang trek 2,5 kilometer dan jarak tempuh waktu sekitar 5,5 jam.

Lintasan arum jeram di Sungai Ciberang sangat menantang, karena perahu karet yang kita naiki akan terbawa arus deras yang berkelok dan akibat terhalang bebatuan yang cukup besar. Tapi walaupun kita pemula jangan pernah takut, karena kita akan dipandu oleh pemandu yang mengenali area medan dan juga ahli dalam mengendalikan perahu yang kita naiki, sehingga kita akan merasa aman.

Berwisata ke sini bisa dilakukan bersama keluarga maupun teman-teman. Anda bisa memberikan suasana baru bagi keluarga dengan sensasi yang mengejutkan, menegangkan, namun menenangkan melalui kegiatan arung jeram ini. Anda juga bisa mengambil paket khusus yang telah disediakan oleh Banten Rafting Ciberang dengan paket minimal booking untuk 5 orang.

pemandu sedang menunggu peserta | sumber: agusbudiawan.wordpress.com

Anda juga bisa melakukan acara perusahaan, komunitas, atau instansi dan meningkatkan kekompakan Anda bersama rekan kerja dalam bekerja di perusahaan. Anda bisa mengambil paket khusus dengan jumlah orang yang nantinya akan diatur oleh pihak Banten Rafting Ciberang.

Di area wisata ini terdapat penginapan, warung makan, musholla, parkir luas, area bermain, tracking trail, dan persewaan peralatan arum jeram. Bagi wisatawan yang berarum jeram, akan mendapatkan fasilitas makan, softdrink, snack, asuransi, water games, dan tempat mandi.


Catatan kaki:

Rafting Banten | sungai ciberang | Arung jeram sungai Ciberang

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Detik-detik Pengumuman Penghargaan Kunjungan ke Silicon Valley Sebelummnya

Detik-detik Pengumuman Penghargaan Kunjungan ke Silicon Valley

Membelah Angkasa dengan Busana Khas Indonesia Selanjutnya

Membelah Angkasa dengan Busana Khas Indonesia

Fikri Abdul Karim
@fikriabdulkarim

Fikri Abdul Karim

Panggil aja Zaqi, kalau mau tau lebih Follow Instagram, Twitter, dan Facebooknya gaes. Hobby ku Nge Game. Terutama PUBG di Invite ya : SVR | Akagami

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.