Ekosistem 5G di Indonesia Sudah Siap, Tinggal Tunggu Ini

Ekosistem 5G di Indonesia Sudah Siap, Tinggal Tunggu Ini
info gambar utama

Huawei Indonesia menyebut saat ini ekosistem 5G sudah terbentuk sehingga implementasi di Indonesia hanya menunggu regulasi saja. Pasalnya, saat ini di Indonesia masih belum ditentukan mengenai frekuensi yang akan digunakan serta regulasi mengenai 5G.

Mohamad Rosidi, Director ICT Strategy Huawei Indonesia menyampaikan saat ini di Indonesia pengembangan 5G akan bergantung pada regulasi, permintaan serta infrastruktur. Untuk permintaan dan infrastruktur, pengembangan 5G dirasa sudah cukup siap, terutama di kota-kota besar.

"Masih menunggu regulasi, kalau bicara jaringan sudah ada, teknologi sudah oke dan perangkat sudah siap. Sebenarnya tinggal nyalakan kerannya saja biar dia jalan," ujarnya seperti dilansir Kontan.co.d Jumat (11/10)

Secara historikal, memang teknologi 5G berbeda dengan 3G dan 4G. Handset 5G saat ini sudah siap, berbeda dengan dari peralihan 3G ke 4G yang pengembangan device harus menunggu 2 tahunan setelah teknologi diimplementasikan. Sehingga harmonisasi antara jaringan dengan device sudah ada.

5G akan memperkaya ekosistem jaringan telekomunikasi saat ini dan memungkinkan perluasan cakupan layanan jaringan seluler, dari Enhanced Mobile Broadband (eMBB), Komunikasi Ultra-and-latency Rendah (uRLLC), hingga Massive Machine Type Communications (mMTC) yang mempromosikan interkoneksi antara segala sesuatu (Internet of Things/IoT). IoT merupakan konsep komputasi yang saling terkait dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke komputer. IoT berguna dalam pelacakan logistik, smart city, smart building, hingga agrikultur.

Jaringan 5G kini telah tersedia secara komersial di sejumlah negara seperti Korea Selatan, Jepang, China, Jaringan generasi terbaru tersebut juga telah dipastikan dapat digunakan lebih luas pada 2020 mendatang.

Saat ini, Indonesia belum telat dalam hal rencana implementasi 5G. Hanya saja, dirinya belum memperkirakan kapan kira-kira regulasi dan frekuensi 5G akan dirilis pemerintah.

Yang jelas, operator telekomunikasi memprediksi teknologi super cepat itu baru akan direalisasikan pada 2022 mendatang.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini