Beraromakan Durian dan Memiliki Rasa Seperti Lengkeng, Buah Apakah Itu?

Beraromakan Durian dan Memiliki Rasa Seperti Lengkeng, Buah Apakah Itu?

pohon dan buah matoa © imusinformasi.com

Buah adalah salah satu pilihan pencuci mulut seusai mengkonsumsi makanan berat, selain itu buah juga sering di manfaatkan menjadi masker wajah dan minuman bernutrisi lainnya. Tapi tahukah kamu ada satu jenis buah yang memiliki aroma dan rasanya yang unik. Namanya buah Matoa buah yng beraromakan durian tetapi memiliki rasa seperti buah lengkeng.

Buah bernama matoa ini memiliki Bentuk bulat lonjong dengan kulit keras berwarna merah kehitaman dan ukurannya sebesar buah langsat. Buah ini adalah buah khas papua. Buah matoa memiliki bentuk oval yang ukurannya sekitar 5 hingga 7 centimeter.

Buah yang memiliki rasa manis ini berakar tunggang, berbentuk pohon dengan ketinggian 20-40 meter dan diameter maksimum mencapai 100 centimeter. Pohon matoa yang bernama latin Pometia pinnata sendiri berbunga sekali dalam setahun, yaitu antara bulan Juli hingga Oktober dengan masa matang sekitar 4 bulan. Tumbuhan ini tumbuh baik di semua wilayah, baik dataran rendah atau tinggi, yang pasti Matoa merupakan tanaman tropis yang hidup di daerah dengan curah hujan tinggi.

Ada 2 jenis Matoa yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Bedany adalah dari tekstur buahnya, Matoa Kelapa rasa buahnya lebih kenyal dan padat sedangkan Matoa Papeda memiliki tekstur yang lebih berdaging lengket dan agak lembek.

Akan tetapi dalam hal rasa Matoa tentunya memiliki ciri khas tersendiri, memiliki aroma yang sepintas seperti durian dan memiliki rasa seperti leci atau lengkeng.

buah matoa @doktersehat.com

Selain rasanya yang nikmat dan segar buah ini mempunyai manfaat yang cukup banyak. Seperti kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan meningkatkan antioksi dan pencegah kanker dalam tubuh. Vitamin E juga ada dalam buah ini yang gunanya sebagai penhilang stress dan memingkatkan kesuburan serta meminimalisir resiko jantung pada tubuh.

Akan tetapi walaupun memiliki khasiat yang cukup banyak Matoa tidak dianjutkan untuk dikonsumsi berlebihan karena jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan pusing dan mabuk. Kandugan glukosa yang terdapat dalam Matoa dapat menyebabkan hal itu terjadi.

Buah Matoa kini tersebar diberbagai pelosok hutan yanga da di Indonesia, bukan hanya di Papua saja. Seperti Sumatera Utara, Kalimantan dan Jawa. Pohon matoa tergolong tanaman yang mudah diperbanyak atau dikembangbiakkan. Matoa dapat diperbanyak secara generatif (melalui biji) maupun secara vegetatif (cangkok dan okulasi). Buah ini direkomendasikan menjadi salah satu tumbuhan yang kuat dan mudah utk diurus. Bukan hanya kuat disegala medan, buah matoa juga termasuk jenis pohon yang tahan dengan segala serangga.

Sebagai buah yang mempunyai segudang manfaat, tidak heran jikalau buah Matoa ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Untuk satu kilogram buah berkhasiat ini dibandrol dengan harga Rp.160.000. Memang tergolong mahal jika dibandingkan dengan buah yang lain. Akan tetapi peminatnya juga cukup banyak lho mengingat rasanya yang begitu unik.

Penasaran dengan rasanya? Yuk Cari Kedai Buah Terdekat!

Sumber: Indonesiakaya | Tirto

Pilih BanggaBangga25%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli25%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Orang Kincai, Manusia Pertama yang Mendiami  Pulau Sumatera Sebelummnya

Orang Kincai, Manusia Pertama yang Mendiami Pulau Sumatera

Nikmati Akomodasi Tepi Pantai di BeeJay Bakau Resort Selanjutnya

Nikmati Akomodasi Tepi Pantai di BeeJay Bakau Resort

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.