Robot-robot Mulai Gantikan Pekerjaan Manusia di Bandara Ini

Robot-robot Mulai Gantikan Pekerjaan Manusia di Bandara Ini
info gambar utama

Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini mengoperasikan peralatan otonom (autonomous equipment) untuk membersihkan lantai di Terminal 3. "Angkasa Pura II (pengelola Bandara Soekarno-Hatta) tengah melakukan evolusi pelayanan di mana kami mengedepankan peralatan otonom untuk sejumlah pekerjaan untuk mengurangi peran manusia. Di sisi lain, peran sumber daya manusia akan dialihkan ke pekerjaan yang memang masih membutuhkan sentuhan manusia," kata Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Robotic scrubber drier | Liputan6.com
info gambar

Ke depan, bandara ini akan menggunakan lebih banyak peralatan otonom di bandara-bandara perseroan. Misalnya, peralatan otonom untuk mengatur, mengambil, dan merapikan trolley bagasi di terminal penumpang pesawat.

Selain itu, baggage towing tractor [BTT] yang saat ini membutuhkan pengemudi akan dipertimbangkan untuk menjadi tanpa awak atau otonom. BTT sendiri adalah kendaraan penarik bagasi penumpang pesawat dari make up area di terminal menuju pesawat dan sebaliknya.

Robot Dilo | joss.co.id
info gambar

"Kami juga membuka kemungkinan penggunaan drone otonom untuk membersihkan foreign object debris [FOD] atau serpihan benda asing yang ada di runway. Dengan drone otonom kami berharap pembersihan FOD di runway dapat lebih cepat dan optimal," tambah Awaluddin.

Saat ini, Terminal 3 Soekarno-Hatta mengoperasikan dua unit mesin pembersih lantai berbasis robot (robotic scrubber drier). Tidak hanya mampu membersihkan lantai secara sempurna, robot ini juga dapat bekerja sangat cepat.

Selain peralatan otonom untuk membersihkan lantai, Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini juga memiliki robot Dilo yang bertugas layaknya personil customer service. Dilo memiliki bentuk fisik mungil, berwarna putih, dengan dua tangan yang selalu merespons ketika diajak berinteraksi. Robot ini dapat membantu penumpang pesawat memberikan petunjuk atau informasi seputar bandara. Lebih dari itu, Dilo juga memiliki fitur multimedia (musik, video, dokumen) sehingga dapat juga menghibur traveler di terminal," kata Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta.

(Sumber Detik Finance | Tribun News)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini