Berbagai Macam Jenis Tahu

Berbagai Macam Jenis Tahu

Tahu adalah jenis makanan pokok yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia© Befren.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tahu merupakan jenis makanan pokok yang sangat digemari oleh masyarakat indonesia. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini mempunyai tekstur yang sangat lembut dan kenyal. Memang tahu bukanlah makanan asli dari Indonesia melainkan dari Cina. Tetapi, popularitas tahu tak dapat dipungkiri oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih membuat cita rasa tahu banyak digemari oleh masyarakat Indonesia apalagi jika dicocol dengan sambal kecap perpaduan rasa gurih dan pedas terasa begitu kuat jika dimakan.

Tetapi tahu memiliki banyak jenisnya apalagi di Indonesia. Berbagai macam tahu banyak sekali yang ada di Indonesia dan diolah menjadi berbagai macam jenis makanan seperti sapo tahu, tahu bulat, tahu goreng dan tahu kuah. Apa saja sih jenis-jenis tahu yang ada di Indonesia:

a. Tahu Putih

Tahu Putih adalah jenis tahu yang sering ditemui dipasaran warnanya yang putih dan memiliki rasa hambar. Tetapi jika dimasak dengan tepat Tahu Putih memiliki cita rasa gurih. Tahu putih memiliki tekstur yang memiliki pori-pori yang cukup besar dan padat. Tahu putih dapat dimasak dengan cara ditumis, goreng, rebus, dibuat semacam sup, atau dipepes.

Sumber | Stoqo.com

b. Tahu Kuning

Jenis tahu ini cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Tahu yang memiliki warna kuning ini banyak sekali dijumpai dipasaran. Tahu kuning ini memiliki warna kuning dari rempah kunyit yang dibuat untuk merendam tahu sebelum memasuki tahap pengemasan. Kediri adalah salah satu kota yang terkenal akan memproduksi Tahu Kuning ini. Sama halnya dengan tahu putih, tahu kuning dapat diolah dengan cara digorang, tumis, pepes atau juga bisa dibuat tahu takwa.

Sumber | Negerikuindonesia.com

c. Tahu Pong

Berbeda dengan Tahu Kuning dan Tahu Putih, Tahu pong memiliki tekstur yang begitu keras jika dimakan karena digorng menggunakan tekanan api yang begitu tinggi dan minyak yang begitu banyak sehingga kalau dimasak akan mengembang. Tahu pong memiliki rasa yang gurih dan asin karena, sebelum dimasak tahu terlebih dahulu direndam kedalam air garam sehingga memiliki rasa yang asin. Tahu pong cocok disantap secara langsung dan dicocol dengan sambal petis, sambal kecap atau sambal bawang.

Sumber | Flickr.com

d. Tahu Bulat

Seperti namanya tahu bulat memanglah memiliki bentuk bulat. Sejak beberapa tahun ini nama tahu bulat begitu familiar dimata masyarakat Indonesia. Berasal dari Tasikmalaya, tahu bulat memiliki rasa gurih yang sangat menggugah selera. Sama halnya dengan tahu pong, memiliki tekstur yang sama yaitu keras tetapi, yang membedakan tahu pong dengan tahu bulat adalah jika tahu pong digoreng tidak dadakan tidak dengan tahu bulat, tahu bulat digoreng secara dadakan sehingga cocok disantap selagi masih hangat.

Sumber | Dictio.id

e. Tahu Sutera

Tahu Sutera adalah tahu yang berasal dari Jepang memiliki tekstur yang sangat lembut bila dimakan. Biasanya tahu sutera disebut dengan Tofu. Tahu Sutera dikemas dengan plastik yang sudah diberi bumbu. Tahu Sutera dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti sapo tahu, pudding, atau juga bisa digoreng.

Sumber | Brambang.com

f. Tahu Susu

Tahu Susu terbuat dari susu yang berbentuk menjadi gumpalan. Gumpalan inilah yang akan dijadikan tahu nantinya. Warnanya yang putih seperti susu ini banyak dijumpai di daerah Jombang atau Kediri Jawa Timur. memiliki rasa yang begitu lembut jika dimakan dan juga gurih.

Sumber | adimasnonbloks

Itulah berbagai macam jenis tahu yang cukup familiar di Indonesia. Apakah kawan GNFI pernah mencicipi salah satu dari tahu tersebut?. Rasa yang gurih jika digoreng membuat tahu menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia

Catatan Kaki: Idntimes | Fimela

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Bebas: Kebersamaan dalam Perpisahan Sebelummnya

Bebas: Kebersamaan dalam Perpisahan

Kerupuk Melarat Cirebon, Camilan Unik yang Digoreng Tanpa Minyak Selanjutnya

Kerupuk Melarat Cirebon, Camilan Unik yang Digoreng Tanpa Minyak

chelsea sivana sofie maria
@chelseasivana

chelsea sivana sofie maria

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.