Inilah Alasannya Bendera Kuning jadi Simbol Berduka.

Inilah Alasannya Bendera Kuning jadi Simbol Berduka.

ilustrasi bendera kuning©infia.com

Warna seringkali dijadikan sebagai simbol akan sesuatu bahkan warna juga memberikan kesan tersendiri bagi kita, misalnya warna kuning yang diartikan sebagai simbol adanya kematian. Kita dapat melihatnya ketika ada orang yang meninggal maka didepan rumah akan dipasang bendera berwarna kuning. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa warna kuning adalah warna yang cerah dan segar

namun pernahkah kita berpikir warna kuning yang dijadikan sebagai tanda bahwa sedang ada yang berduka? Kenapa tidak menggunakan warna-warna gelap saja?

Misalnya di Inggris warna hitam adalah warna yang dipakai sebagai tanda berkabung atau berduka. Dengan memakai pakaian serba hitam dalam suasana berkabung maka bisa dianggap bahwa orang yang hadir dianggap ikut berbelasungkawa. Sedangkan di Tiongkok warna putih dipakai sebagai tanda berkabung dan Hampir semua peralatan serta kostum ketika upacara pemakaman didominasi oleh warna putih. Mulai dari tirai pintu, lilin, lentera, taplak meja, hingga baju berkabung.

bendera [email protected]

Berbeda dengan Indonesia yang memilih warna kuning sebagai tanda berduka. Pemilihan bendera berwarna kuning bukannya tanpa alasan, dahulu warna ini bermula dari zaman kolonialisme Belanda. Awalnya bendera ini dikenal dengan bentuk persegi panjang polos dan berwarna kuning dengan simbol huruf Q. lalu bendera ini pun dipakai menjadi suatu tanda bagi para penderita dengan wabah mematikan yang wajib di karantina.

Maka dari itu, simbolnya “Q” yang berasal dari kata “Quarantine” yang dulunya dianggap mematikan dan wabah tersebut cepat menular hingga memakan banyak korban. Oleh karena itu semakin banyak bendera kuning yang terlihat maka semakin banyak pula korban yang meninggal.

Setelah wabah itu usai dan tidak menyebar lagi bendera kuning sampai saat ini nampaknya memberikan kesan yang sangat mendalam. Bendera berwarna kuning telah identik dengan kematian dan digunakan untuk menandai kematian seseorang.

Dalam segi agama warna kuning juga dilambangkan sebagai tanda keluhuran dan kedekatan dengan Yang Maha Kuasa. Dan warna kuning juga sudah menjadi bagian dari Indonesia yang tidak bisa dilepaskan.

Nah sudah tau bukan asal usul dari bendera kuning, yuk bagi info ini dengan kawan GNFI lainnya..

Sumber: Merdeka | Tandaseru

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Berbagai Macam Jenis Tahu Sebelummnya

Berbagai Macam Jenis Tahu

Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu? Selanjutnya

Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu?

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.