Namanya Kerupuk Basah, Kerupuk Kok Basah?

Namanya Kerupuk Basah, Kerupuk Kok Basah?

kerupuk basah ©pesona.travel

Semua orang tentunya mengetahui bahwa yang namanya kerupuk adalah jenis makanan yang kering, garing dan tentunya digoreng. Tapi berbeda dengan makanan satu ini yang bernama kerupuk basah. Kerupuk basah adalah makanan yang berasal dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Tak lengkap rasanya jikalau berkunjung ke Kapuas Hulu dan tidak mencicipi makanan kerupuk basah yanga adalah makanan khas daerah tersebut. Kuliner berbahan dasar ikan ini sangat mudah ditemui di setiap sudut kota Putussibau yang adalah Ibu kota dari Kabupaten Kapuas Hulu. Kabupaten yangmemiliki julukan 'Uncak Kapuas' ini merupakan salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Kalimantan Barat.

Walaupun memiliki nama kerupuk basah, tapi bentuk dari makanan ini lebih terlihat seperti pempek khas Palembang. Ntah bagaimana makanan ini memiliki nama kerupuk basah, yang jelas makanan memiliki kekhasan tersendiri. Tapi yang membedakannya adalah bentuk dari kerupuk basah ini lonjong memanjang dengan panjang berkisar 15 hingga 25 sentimeter dengan diameter sekitar 2-3 sentimeter. Kerupuk basah terbuat dari daging ikan yang sudah di giling yang dimana kita tau bahwa daging ikan banyak mengandung gizi dan protein. Ada dua jenis ikan yang sering dipakai untuk pembuatan kuliner ini yaitu ikan toman dan ikan belidak.

kerupuk basah dengan 2 varian rasa @warungdidokerupukbasah.com

Makanan ini dimasak dengan proses dikukus didalam panci panas. Kerupuk basah juga memiliki tekstur yang kenyal dan dimakan bersamaan dengan sambal kacang yang gurih. Rasa kenyal, pedas manis dan aroma ikan berpadu ketika mulut mulai mengunyah.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yaitu dimulai dari harga 10.000 hingga 15.000 tergntung dengan ukuran dari ukuran dan juga besarnya. Selain bisa dimakan ditempat, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

Pengemasannya bahkan cukup mudah, umunya penjual akan menyiapkan kemasan dan melumuri kerupuk basah ini dengan tepung sesuai dengan durasi perjalanan yang akan kita tempuh untuk pulang, sehingga oleh-oleh ini masih bisa dinikmati saat tiba di rumah dengan dikukus terlebih dahulu.

Penasaran dengan rasa dari Kerupuk Basah? Yuk berkunjung ke Kota Khatulistiwa..

Sumber; Kompas | Kompasiana



Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Si Manis Tapi Jadul Sebelummnya

Si Manis Tapi Jadul

Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu? Selanjutnya

Mulai Desember, 4 Stasiun di Jawa Timur Ini Berganti Nama. Sudah Tahu?

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.