Hari Santri Nasional, 5 Film Ini Mengambil Latar Tempat Pesantren

Hari Santri Nasional,  5 Film Ini Mengambil Latar Tempat Pesantren

Hari Santri Nasional © Kemenag

Hari Santri Nasional telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober. Penetapan Hari Santri Nasional telah ditetapkan sesuai dengan Keppres Nomor 22 tahun 2015. Presiden Joko Widodo menetapkan Hari Santri Nasional ini diberikan dari pemerintah karena, para santri telah memberikan hidupnya untuk memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Penetapan Hari Santri Nasional ditetapkan pertama kali pada tahun 2015 lalu. Kini Hari Snatri telah memasuki tahun ke 4. Sejarah mencatat bahwa, para santri telah mengabdikan hidupnya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tahun ini Hari Santri Nasional mengambil tema "Santri Mandiri, NKRI Hebat"

Kehidupan para santri memanglah sangat berbeda dengan siswa dan siswi pada umunya. Para santri diwajibkan hidup di Pondok Pesantren dan mengikuti peraturan yang ada di pondok tersebut. Dalam kehidupan para santri sendiri banyak hal yang menarik hingga menarik perhatian para sutradara untuk membuatkan film yang memiliki latar belakang tentang kehidupan para santri.

Untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober beberapa film Indonesia ini mengambil latar dengan bertemakan santri.

1. 3 Doa 3 Cinta

Film 3 Doa 3 Cinta ini yang digarap oleh Nurman Hakim dibintangi oleh Nicholas Saputra sebagai Huda dan Dian Sastrowardoyo sebagai Dona Satelit. menceritakan tentang 3 sahabat yaitu Huda, Rian, dan Syahid yang tinggal dalam satu Pondok Pesantren. Masing-masing dari mereka mempunyai rencana hidup yang berbeda-beda. Mereka mempunyai sebuah lokasi rahasia yaitu sebuah dinding tua dibelakang pesantren dimana dinding tersebut digunakan untu menulis harapan mereka.

Sumber | Twitter

Film yang mengajarkan tentang cinta dua seseorang yang mempunyai latar belakan berbeda ini mempertemukan Huda sebagai santri dan Dona Satelit sebagai penyanyi dangdut. Film ini banyak meraih penghargaan di kancah nasional bahkan internasional sepeti Nominasi Festival Film Indonesia tahun 2008 dan meraih Grand Juri Prize diVesoul International Film Festifal Perancis tahun 2009.

2. Perempuan Berkalung Sorban

Di Sutradarai oleh Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang islam dari Indonesia. Dibintangi oleh Revalina S. Temat yang berperan sebagai Annisa ini diangkat dari Novel yang sama dengan judulnya yaitu Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy. Mengambil latar tempat tradisi di Pesantren Jawa Timur yang dimana cenderung mempraktikan tradisi konservatif terhadap wanita.

Sumber | Cathplay

Film ini mendapatkan banyak Nominasi dalam ajang film diantaaranya, 7 nominasi FFI 2009. Film ini juga mendapatkan banyak respon positif dikalangan masyarakat dan juga menuai kontroversi lantaran jalan ceritanya.

3. Negeri 5 Menara

Dirilis pada 1 Maret 2012 bisa dibilang film ini yang bertemakan pesantren cukup laris di Indonesia. Karena, fil ini dingkat dari Novel karya Ahmad Faudi dengan judul yang sama. Film ini menceritakan tentang para santri yangs sedang menimba ilmu di Pesantren Darussalam Gontor Jawa Timur. Pesantren Darussalam Gontor sendiri memiliki sistem pendidikan yang cuku ketat.

Sumber | Gramedia

Para santri sendiri memiliki pemikiran yang sangat visioner dan membuat mereka meraih kesuksesan di bidangnya masing-masing.

4. Pesantren Impian

Dimainkan oleh beberapa pemain film seperti Prisia Nasution, Fachri Albar, Dinda Kanyadewi dan Indah Permatasari. Diangkat dari Novel karya Asma Nadia dengan judul yang sama. Menceritakan tentang sepuluh gadis yang mendapatkan undangan misterius dan tujuan dari Undangan tersebut yaitu Pesantren Impian. Hingga akhirnya Pesantren terssebut diserang dan membuat para Santriwan dan Santriwati ketakutan.

Sumber | Hello Hijabers

5. Cahaya Cinta Pesantren

Diperankan oleh Yuki Kato, Vebby Palwinta, Febby Rastanti, Sivia, Rizki Febian, dan Facri Muhammad ini menceritakan tentang kehidupan sang santri mulai dari keluarga, kisah percintaan dan persahabatan. Diangkat dari novel yang sama dengan judulnya karya dari Ira Madan. Dirilis pada tahun 2016 film ini cocok sekali dilihat diatas 17 tahun.

Sumber | Wikipedia

Dari film tersebut menurut kawan GNFI manakah yang paling menarik?

Catatan Kaki: Brillio | Tribbun | Tribbun

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Sejarah Perayaan Hari Dokter Nasional Setiap 24 Oktober Sebelummnya

Sejarah Perayaan Hari Dokter Nasional Setiap 24 Oktober

Tetra Pak Dukung Terus Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan Selanjutnya

Tetra Pak Dukung Terus Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan

chelsea sivana sofie maria
@chelseasivana

chelsea sivana sofie maria

Nama saya Chelsea Sivana Sofie Maria bias dipanggil Chelsea atau Siva saat ini saya sedang menempuh pendidikan Strata 1 di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabay. Jurusan yang saya ambil Komunikasi Penyiaran Islam saat ini saya sudah semester 7. saya mempunyai Hobby menulis dan nonton drama korea. Singkat cerita tentang diri saya wassalamuaalaikum wr wb

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.