Icip-Icip Makanan Khas Pasundan Yuk

Icip-Icip Makanan Khas Pasundan Yuk
info gambar utama

Daerah Jawa Barat memang terkenal dengan bebagai destinasi wisatanya yang indah tapi, tak cuma itu di Jawa Barat kawan GNFI juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas pasundan. Makanan-makanan tradisional khas pasundan diolah dengan cita rasa yang enak dan tentunya menggugah selera. Keunikan dari kuliner khas pasundan ini yaitu namanya yang singkat dan lucu seperti saja cilok aci dicolok, cireng aci digoreng, dan cimol aci digemol. Nah, tak cuma itu beberapa makanan khas pasundan ini juga bisa menjadi refrensi kuliner yang patut di coba loh.

1. Soto Kuning Bogor

Soto kuning bogor bisa dinikmati dengan dinginnya cuaca atau juga cocok dinikmati selagi cuaca sedang hujan. Kuah santan kuning yang gurih ditambah dengan racikan soto yang enak dan dipadu dengan potongan daging. Perpaduan rempah yang wangi menghasilkan sensasi rasa yang nikmat. Kalau pingin nikmat lagi bisa ditambahkan dengan nasi hangat dan sambal yang tambah menggugah selera.

Sumber | Travelingyuk
info gambar

2. Awug

Awug adalah salah satu jajanan tradisional khas pasundan terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air dan kelapa parut serta dimasak dengan cara dikukus menggunakan perabotan bambu. Selain bentuknya yang kerucut, Awug juga sudah menjadi makanan tradisional secara turun temurun. Adonan awug biasanya menghasilkan dua warna yaitu putih dan coklat. Warna putih sendiri dihasilkan dari adonan tepung beras dan warna coklat dihasilkan dari gula aren.

Sumber | 1001cianjur
info gambar

3. Nasi Timbel

Nasi Timbel sendiri tebuat dari beras begolo atau beras merah campuran yang dimasak dengan dibungkus daun pisang. Kelezatan nasi timbel terletak pada aromanya yang khas dan wangi dari daun pisang. Lauk pauk tak luput dari nasi timbel cukup bervariasi mulai dari ayam hingga lele. Tetapi yang wajib tersaji yaitu sambal terasi dan lalapan mentimun menambah kesegaran rasa dari nasi timbel.

Sumber | Dailywuz
info gambar

4. Mie Kocok

Mie Kocok sendiri adalah hidangan mie dengan citarasa kuah kaldu sapi khas kota bandung. Mie Kocok sendiri terdiri dari mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental dan irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Sumber | Wikipedia
info gambar

Gimana kawan GNFI apakah sudah ada niatan untuk mencicipi hidangan khas pasundan

Catatan Kaki: Okezone | Destinasianews | Republika | Detik | Wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini