Bukan Gerakan Erotis, Justru Goyang Karawang Menunjukkan Nilai Edukasi

Bukan Gerakan Erotis, Justru Goyang Karawang Menunjukkan Nilai Edukasi
info gambar utama

Karawang memang dikenal dengan nama Kota Lumbung Padi. Namun, di Kota Karawang juga ada hal yang paling unik yaitu Goyang Karawang. Tetapi, stigma masyarakat mengatakan bahwa goyang karawang adalah sebuah tarian yang erotis dan menimbulkan nafsu. Tetapi, semua stigma itu salah padahal goyang karawang termasuk sebuah seni warisan Indonesia.

Istilah Goyang Karawang cukup melekat di kalangan masyarakat karawang terutama kaum perempuan. Ada stigma menyatakan bahwa, Goyang Karawang adalah tarian erotis dan para penarinya adalah perempuan nakal yang membuat laki-laki tergoda. Istilah tersebut saking terkenal di luar Karawang hingga masyarakat karawang di cap sebagai pandai bergoyang.

Dikutip dari detik bahwa, stigma itu muncul saat berada di perantauan. Sejumlah pegiat sejarah yang biasanya tergabung dalam Karawang Heritage menilik asal mula istilah Goyang Karawang. Menurut seniman pegiat sejarah Karawang Asep Ruhyani mengatakan bahwa Goyang Karawang identik dengan menggoyangkan pinggul penari perempuan.

Itoh salah satu penari Goyang Karawang di era 1970: Sumber | Detik
info gambar

Salah satu penari Goyang Karawang yang pernah terkenal pada masanya sekitar tahun 1970 an yang bernama itoh. Itoh pernah mengatakan bahwa ada dampak menarikan Goyang Karawang pada masa lalu. Goyang Karawang sendiri dihadirkan untuk menghibur audien pada saat ada hajatan dan juga bisa menjadi hiburan serta kreatifitas pada maasyarakat. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman Goyang Karawang juga bisa berdampak pergerakan ekonomi.

Bentuk apresiasi dalam bentuk festifal Goyang Karawang: Sumber | Sinarpaginews
info gambar

Goyang Karawang juga bisa memberikan nilai-nilai edukasi pada masyarakat serta memberikan nilai-nilai yang terkandung dalam Goyang Karawang. Goyang Karawnag sendiri termasuk dalam jenis tarian ronggeng bukan tarian jaipong. Gerakan tarian Gyang Karawang memanglah sangat dasar jauh sebelum tari jaipong muncul pada tahun 1970 an. Pada tahun tersebut Karawang sudah melahirkan berbagai macam tarian salah satunya Goyang Karawang.

Tetapi sekarang Kementrian Pariwisata mengusulkan bahwa, Goyang Karawang akan mengadakan Festifal Internasional dan masuk festifal dalam event nasional.

Catatan Kaki: Detik | CNNIndonesia | Tribbunnews | bogor.pojoksatu.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini