Nadiem Makarim Boss Gojek Yang Menjelma Menjadi Menteri

Nadiem Makarim Boss Gojek Yang Menjelma Menjadi Menteri

Nadiem Makarim ©Pinterest.com

Seperti yang kita tahu bahwa hari ini nama-nama menteri sudah diumumkan, salah satunya yang paling menarik perhatian adalah Nadiem Makarim. Salah satu pemuda bertalenta yang sebelumnya sudah digadang-gadang akan menjadi Menteri.

Nadiem Makarim yang memiliki nama Lengkap Nadiem Anwar Makarim, seorang pria yang lahir dari pasangan Nono Anwar dan Atika Algadri. Ia juga anak bunsu dari tiga bersaudara. Ayahnya adalah seorang aktivis dan pengacara sedangkan ibunya berprofesi sebagai penulis lepas. Sang ibu merupakan putri dari seorang perintis kemerdekaan Indonesia, Hamid Algadri. Sementara itu ia menikah dengan Franka Franklin sejak 2014 lalu dan telah dikaruniakan seorang anak perempuan bernama Solara Franklin Makarim

Nadiem sebelumnya dikenal sebagai seorang pengusaha muda yang sudah banyak memberikan pengaruh besar dalam perekonomian di Indonesia. Ia juga salah satu boss besar dari perusahaan pioner transportasi online di Indonesia.

Sebelum menjadi Mendikbud, Nadiem merupakan salah satu pendiri Gojek. Startup ride hailing ini dibangun hampir satu dekade lalu oleh Nadiem dan rekannya, kini telah menjadi Decacorn (startup yang memiliki valuasi di atas US$ 10 miliar).

Nadiem dan rekannya berhasil menggalang dana dari investor kakap. Tersebut nama Tencent Holdings, KKR, Nothstar Group, Google hingga Mitsubishi Group dalam jajaran investor Gojek.

Nadiem Makarim saatmasuk menjadi Rising Unicorn majalah Forbes @Pinterest.com



Berdasarkan laporan Globe Asia pada 2018, Nadiem masuk dalam 150 daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya ditaksir mencapai US$100 juta atau setara Rp 1,4 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000) yang didapatnya dari Gojek.

Tentunya tidak mudah bagi dia untuk bisa sampai seperti sekarang, banyak perjuangan serta usaha yang dia lakukan seperti mendirikan perusahaan yang kita kenal dengan gojek. Dengan usianya yang bisa dibilang cukup muda yaitu 35 tahun, Nadiem menjadi sosok yang segar di antara para menteri lainnya.

Setelah resmi menjadi menteri di kabinet Jokowi nadiem resmi mundur dari perusahaan yang telah membesarkan namanya itu dan akan fokus pada perannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ia menggantikan Muhadjir Effendy yang ditunjuk sebagai menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan.

Pelantikan Nadiem Makarim menjadi Mendikbud diselenggarakan hari ini 23 Oktober 2019 di Istana Negara. Ia akan mengurusi bidang pendidikan sekolah dasar (SD) hingga Sekelah Menegah Atas (SMA).

Selamat mengemban amanah Nadiem Makarim!

Sumber: Idntimes | CNNIndonesia

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Suhu Jakarta Panas? Sejukin dengan Berkunjung ke Kedai Gelato yang Unik Sebelummnya

Suhu Jakarta Panas? Sejukin dengan Berkunjung ke Kedai Gelato yang Unik

Dari Bandung ke Langit Himalaya Selanjutnya

Dari Bandung ke Langit Himalaya

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.