Kue Bulan : Makanan Unik Yang Hanya Muncul Setahun Sekali

Kue Bulan : Makanan Unik Yang Hanya Muncul Setahun Sekali
info gambar utama

Dalam setiap perayaan yang ada di Indonesia tentuny banyak hal-hal unik yang ditampilkan yang menjadi ciri khas dari Indonesia. Salah satunya adalah kue yang bernama kue bulan, kue bulan ini bukanlah makanan yang selalu ada dipasaran, karena jikalau kita ingin menikmati kue ini kita harus nunggu setahun sekali.

Mengapa? karena kue bulan ini telah dijadikan sebagai makanan festival di setiap tahunnya.

Kue bulan merupakan makanan tradisional dari para masyarakat tionghua yang selalu menjadi sajian wajib pada perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya. Di Indonesia festival ini biasanya diadaka di kota Pontianak dan Singkawang. Dalam bahasa Hokkian biasa dinamakan kue Gwee Pia atau Tiong Chiu Pia. Sedangkan dalam bahasa Hakka disebut dengan Phok Piang.

Kue ini memiliki bentuk bulat dan bentuk bulat dari kue ini melambangkan suatu keutuhan serta kesatuan. Lalu diatas kue akan ada cetakan tulisan aksara mandarin, namun seiring berkembangnya zaman bentuk-bentuk lainnya bermunculan yang akhirnya menambah variasi dalam kue bulan. Di atas kue bulan sering ditemukan berbagai huruf Cina. Fungsi huruf tersebut adalah untuk mengetahui jenis kue bulan dan membedakan rasanya. Akan tetapi di beberapa kue bulan yang dibuat ada juga yang memiliki motif bunga yang memiliki arti kemakmuran,kekayaan dan kesehatan.

kue bulan dengan varian rasa kacang@abuelaskitchen.com
info gambar

Festival kue bulan atau biasa yang disebut dalam Bahasa Mandarinnya adalah Festival Zhong Qiu Jie, merupakan hari suka cita yang dilambangkan dengan kehadiran bulan purnama penuh. Berdasarkan perhitungan kalender lunar China (Imlek), festival ini jatuh pada tanggal 15 bulan ke-8. Biasa ketika sudah memasuki bulan untuk festival para warga yang mengikuti festival ini akan pergi kelenteng dan berdoa dan menyalakan Hio.

Jikalau dilihat kue bulan hanya memiliki bentuk yang bulat saja, akan tetapi isi dari kue bulan ini memiliki aneka macam rasa yang membuat kita ingin mencobanya seperti rasa kacang hijau dan rasa kacang tanah. Selain itu dengan adanya variasi baru yang semakin berkembang, ukiran diatas kue bulan juga semakin menarik untuk dibeli.

Mooncake terdiri dari dua bagian yaitu kulit dan isian, untuk membuat kulitnya yang dibutuhkan adalah tepung terigu, minyak kacang, gula, sirup kue bulan, dan sedikit pengembang kue.

Harga yang ditawarkan oleh kue bulan juga cukup terjangkau yaitu dimulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung dari ukuran dan rasa yang dipilih. Kue ini akan hadir menjelang bulan Agustus hingga September. Penasaran bukan dengan kue bulan yang hanya bisa dinikmati setahun sekali ini?

Sumber: Republika | Detik

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini