Roti Gambang- Roti Khas Betawi Yang Mulai Tenggelam

Roti Gambang- Roti Khas Betawi Yang Mulai Tenggelam

Roti Gambang© tokomesin.com

Roti dikenal sebagai makanan pedamping setelah nasi, rasanya yang empuk, lembut dan manis begitu mudah dikenal di masyarakat. Jadi tidak heran, kalau makanan ini banyak disukai orang, bahkan setiap negara punya sajian roti khasnya masing-masing. Tak terkecuali Indonesia.

Jikalau membahas kuliner Indonesia tak pernah ada habis-habisnya, seperti kuliner khas betawi yang bernama Roti Gambang. Roti ini adalah makanan khas Betawi yang telah turun temurun diwariskan, selain dikenal di Jakarta roti ini juga di kenal di kota Semarang. Orang semarang biasa mengenalnya sebagai roti ganjel rel. Roti gambang sudah ada sejak dari zaman kolonial Belanda dan sempat populer hingga era 1990-an.

Roti Gambang sendiri terbuat dari perpaduan antara gula aren dan kayu manis yang nantinya akan memberikan rasa manis dan aroma khas yang ringan pada roti. Nama roti gambang juga membangkitkan instrumen tradisional asal Jakarta yaitu Gambang Kromong.

Tekstur roti yang agak alot pada roti ini dipercaya bermanfaat bagi pencernaan. Roti ini memiliki bentuk yang kotak dan yang bulat serta bertabur wijen diatasnya. Roti yang memiliki cita rasa kayu manis ini memiliki tekstur yang keras serta padat. Tekstur yang padat membuat roti ini cukup dikonsumsi dua potong saja karena bisa langsung membuat perut kenyang.

Roti Gambang @Kumparan.com

Pada tradisi menjelang Ramadhan atau perayaan Dugderan, roti gambang juga menjadi rebutan masyarakat di Semarang. Masyarakat disana percaya bahwa roti ini bisa memperkuat diri ketika menjalankan ibadah puasa.

Sayangnya, saat ini roti gambang sudah jarang ditemui keberadaannya, baik itu di toko roti ataupun di pedagang kaki lima. Hal ini pun membuat para generasi muda tidak mengetahui bahwa ada yang namanya Roti Gambang, roti yang dahulu pernah populer pada zamannya. Hal ini diduga semenjak mulai banyak orang Betawi yang migrasi, kini roti ini makin langka.

Walaupun roti gambang sudah tidak seterkenal dulu, bru-baru roti ini masuk dalam daftar 50 roti terbaik dunia versi CNN.com dalam rangka peringatan Hari Roti Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober kemarin. Roti-roti terbaik itu dikurasi oleh chef pastry yang juga merupakan penulis perjalanan dan kuliner Jen Rose Smith.

Roti gambang masuk bersama jenis roti lainnya dari berbagai negara; seperti paratha (India), appam (Sri Lanka), pai bao (Hong Kong), baguette (Prancis), shaobing (Tiongkok), sangak (Iran), ciabatta (Italia), dan masih banyak lagi.

Sumber : Kompas | Kumparan

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NTT Peringkat Pertama Sebagai Destinasi Dengan Harga Terbaik Sebelummnya

NTT Peringkat Pertama Sebagai Destinasi Dengan Harga Terbaik

Inilah Festival Terbesar di Indonesia untuk Para Pahlawan Ekonomi Selanjutnya

Inilah Festival Terbesar di Indonesia untuk Para Pahlawan Ekonomi

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.