Berkenalan Lebih Dekat dengan Tahilalats

Berkenalan Lebih Dekat dengan Tahilalats

tahilalats ©skyegrid.com

Saat ini Indonesia memiliki berbagai macam prestasi yang dicapai oleh anak bangsanya. Salah satunya adalah Tahilalats. Siapa sih yang tidak kenal dengan komik strip satu ini? Komik yang dikenal dengan cerita yang selalu menimbulkan pertanyaan serta menggelitik para pembacanya.

Walau pun memiliki gambar yang sederhana serta warna yang terkesan kalem, tapi tiap cerita yang disampaikan selalu membuahkan ratusan ribu komentar dan likes. Di balik karya yang begitu fenomenal, ada sosok pria bernama Nurfadli Mursyid. sang kreator dari komik jenaka tersebut.

Pemuda berusia 26 tahun ini berbagi cerita saat ditemui GNFI di kantornya di Jakarta Selatan. Ia bercerita bahwa hobinya membuat komik sudah ada sejak dia masih kecil, meski pun saat itu dia belum tahu kalau itu sebutannya komik. Sewaktu kuliah ia baru serius dalam dunia perkomikan.

Nurfadli menuturkan, awal mula komik ini bernama Tahilalats karena saat itu ia membuat sebuah blog untuk menampung semua aspirasinya, di tahun 2014. Bersamaan dengan itu, karena ia memiliki tahi lalat, akhirnya ia menamai blog-nya dengan nama Tahillalats.

Komikus Tahilalats, Nurfadli M. | Foto: Aditya Jaya/GNFI

Setiap konsep cerita yang ia buat berdasarkan kehidupan sehari-hari, jadi temanya selalu dekat dengan hal-hal yang sering kita lakukan. Selain itu, ia juga sering membaca referensi dari internet untuk mendapatkan tema cerita.

Tahilalats juga tidak memiliki karakter yang tetap dan bisa dibilang acak, tapi di Tahilalats ada yang namanya spesial karakter, contohnya pelayan baper dan bapak motivator.

Mereka tidak sering muncul, tapi jikalau muncul ide tentang cerita mereka, maka ceritanya pun akan dibuat.

Tahilalats sering menyindir berbagai aktivitas sehari-hari remaja dan orang dewasa Indonesia. Mulai dari berbicara dengan orang lain, cara makan, dan lain-lainnya.

Nurfadli mengaku ia belajar membuat komik secara otodidak, dan sebagian besar inspirasi penulisan komiknya berasal dari kehidupan kesehariannya sendiri.

View this post on Instagram

Apa? . #tahilalatsdotcom 24032019

A post shared by Mind Blowon (@tahilalats) on

Sebagian besar komik Tahilalats hanya satu episode saja. Tapi, dalam beberapa komik, ia pernah membuat lanjutan cerita dari komik yang telah dipublikasikan sebelumnya.

Seiring berkembangnya Tahilalats mereka kini sering berkolaborasi dengan berbagai merek di Indonesia. Salah satunya adalah Kartu BRIZZI yang sempat berkolaborasi dengan Tahilalats tahun lalu.

Dalam acara kolaborasi tersebut ada beberapa limited edition icon figure dari Tahilalats yang diluncurkan. Selain itu banyak festival nasional dan internasional yang telah diikuti Tahilalats, seperti festival board game dan Grand Prime 2019

Boardgame Tahilalats tampil di Jerman | Foto: Dok. Tahilalats

Tahilalats pun banyak mengeluarkan produk lain selain komik seperti Tahilalats Toys yang diluncurkan di Indonesia Comic Con 2019 dan langsung sold out, serta Tahilalats The Card Game yang launching di Bekraf Game Prime 2019, dan menjadi boardgame yang di-feature di booth Indonesia dalam acara Essen Spiel 2019.

Selain itu Tahilalats juga pernah mengikuti dua kali pameran licensing expo di Hong Kong Licensing Expo 2019, Shanghai Licensing Expo 2019, dan Indonesia Market Focus London Book Fair 2019.

Di penutup obrolan, Nurfadli juga berharap komik yang ia ciptakan dapat menghibur para pembacanya.

Maju terus komikus Indonesia!***

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Batik Tutur; Batik Khas Indonesia yang Hilang Selama 110 Tahun Sebelummnya

Batik Tutur; Batik Khas Indonesia yang Hilang Selama 110 Tahun

Dari Bandung ke Langit Himalaya Selanjutnya

Dari Bandung ke Langit Himalaya

Mona Destiana
@mona_destiana

Mona Destiana

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.