Bonceng, Ojek Online Pesaing Baru Gojek dan Grab

Bonceng, Ojek Online Pesaing Baru Gojek dan Grab
info gambar utama

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, sekitar 5.000 driver ojek online Bonceng, menggelar upacara pengibaran bendera di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 28 Oktober 2019.

Momen ini pun menjadi ikrar Bonceng untuk meramaikan pasar transportasi berbasis aplikasi dan bersaing dengan para pemain lama, Gojek dan Grab, seperti yang dilaporkan Tempo.

Head of Driver Community Bonceng, Ronald Sudarma, mengatakan ide kegiatan ini datang dari para sopir ojek dan tidak diinisiasi perusahaan. Sebagai bagian Dikatakan bahwa acara ini identik dengan warna merah putih.

5000 driver bonceng 'turun' ke jalan. Foto: nusantaratv.com
info gambar

Ronald menjelaskan para driver hanya meminta izin kepada manajemen untuk memeriahkan Sumpah Pemuda dengan konvoi dan berkumpul di Lapangan Banteng, Jakarta. Di sana para driver menggelar pengibaran Bendera Merah Putih, disusul pembacaan naskah Sumpah Pemuda.

Lebih lanjut, Bonceng juga memiliki tarif berbeda dengan aplikasi lain. Tarif yang dikenakan bukan lagi per kilometer perjalanan, melainkan harga cluster berdasar radius jarak perjalanan yang dikelompokkan dalam beberapa harga yang bulat. Mulai dari Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 15.000, Rp 20.000 dan seterusnya.

Selain itu, hal lain yang menjadi pembeda antara Bonceng dengan aplikasi lain adalah konsumen dapat memesan layanan penjemputan sesuai dengan waktu yang diinginkan hingga tujuh hari ke depan.

Aplikasi ojek online Bonceng. Foto: mastel.id
info gambar

Menurut laporan CNBC Indonesia, sebenarnya para "penantang" sudah banyak bermunculan sejak dulu, tetapi sayangnya mereka harus rela tumbang karena tak mampu bersaing. Sebut saja Call Jack, Ojekkoe, Topjek, OjekAgro, Taxi Motor, Ladyjek, Bangjek, Bluejek, dan Smartjek.

Walau korban yang berjatuhan banyak, penantang terus saja bermunculan. Perkenalkan mereka ini adalah Bonceng, Anterin, Beujek, Gaspol, Cyberjek dan Bitcar yang siap menggeser hegemoni Grab dan Gojek.

Menurut laporan liputan6.com, aplikasi transportasi online bernama Bonceng resmi diperkenalkan, Sabtu (10/11/2018) di Jakarta.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini