Dua Rekor Dunia LRT Jabodebek

Dua Rekor Dunia LRT Jabodebek

Kereta LRT Jabodebek © LRT Jabodebek

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Mungkin tak kita sadari, bahwa kereta ringan atau LRT Jabodebek yang hingga saat ini masih dalam tahap pengerjaan, ternyata sudah menorehkan dua rekor dunia. Siapa sangka, ongspan atau bentangan beton panjang yang ada di lintasan Kuningan LRT Jabodebek menjadi salah satu struktur jembatan kereta api lengkung dengan struktur beton terpanjang di dunia.

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk Budi Harto mengatakan rekor dunia pertama yaitu longspan JORR yang melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder.

Kemudian Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia.

"Sebelumnya rekor ada di Dubai yang memiliki panjang logspan itu hanya 70 meter. Nah di sini kita buat 90 meter," kata Budi seperti dikutip Liputan6.com.

Longspan merupakan struktur jembatan yang bentang tengahnya (jarak antar pilar) lebih dari 45 meter yang melintas di atas jalan jembatan eksisting dan sungai.

Rekor kedua yaitu konstruksi longspan beton di Jalan Rasuna Said yang memiliki panjang 148 meter. Sebelumnya rekor di Dubai memiliki panjang 135 meter dengan konstruksi baja. "Ini kebanggaan Adhi Karya karena LRT bukan proyek biasa, LRT ini ide dan inovasinya Adhi Karya. Semoga ini jadi modal kita ke depan untuk berkembang," tambah Budi.

w
Sumber gambar : LRT Jabodebek

Longspan Kuningan sendiri menjadi kebanggaan bangsa karena desain dan proses pembangunannya diproduksi oleh tenaga ahli dalam negeri. Longspan Kuningan ternyata juga sudah tersambung belum lama ini.

Tujuan membuat struktur longspan ini adalah untuk mengakomodir lokasi yang membutuhkan girder dengan panjang yang melebihi dari seharusnya. Misalnya jika suatu lintasan harus menyeberang dari satu jalan ke jalan lain, maka harus dibuat longspan sehingga tidak mengganggu jalan yang sudah ada.

Saat ini, perkembangan pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek Tahap I sampai dengan 4 Oktober 2019, telah mencapai 66,13 persen. Ada tiga lintasan dalam proyek LRT Jabodebek tahap I ini. Pertama, lintas pelayanan 1 untuk rute Cawang-Cibubur, lintas pelayanan 2 untuk Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan lintas pelayanan 3 untuk Cawang-Bekasi.

Proyek LRT Jabodebek tahap I ditargetkan beroperasi penuh pada November 2021. Sementara pada 18 Oktober mendatang, akan dilakukan uji coba teknis untuk rute Cibubur-Cawang.

(berbagai sumber)

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga38%
Pilih SedihSedih13%
Pilih SenangSenang6%
Pilih Tak PeduliTak Peduli13%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau28%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Inilah Dua Jenis Pesawat Tempur Canggih yang Akan Perkuat TNI AU Tahun Depan Sebelummnya

Inilah Dua Jenis Pesawat Tempur Canggih yang Akan Perkuat TNI AU Tahun Depan

Mohammad Hatta, Memperjuangkan Ekonomi Rakyat Indonesia Lewat Koperasi Selanjutnya

Mohammad Hatta, Memperjuangkan Ekonomi Rakyat Indonesia Lewat Koperasi

Akhyari Hananto

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.