M Bloc, Napas Baru Blok M

M Bloc, Napas Baru Blok M
info gambar utama

Jika berbicara soal tempat kekinian, Jakarta seakan tidak pernah ada habisnya untuk memunculkan inovasi-inovasi baru agar dijadikan ruang publik yang kekinian.

Salah satu contohnya seperti di Blok M, ada yang namanya M Bloc Space yang baru saja diresmikan pada 26 September 2019.

Berdiri di atas lahan seluas 7.000 meter persegi. Ruang kreatif baru tersebut lahir dari sebuah bekas perumahan karyawan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang sempat terabaikan selama puluhan tahun silam.

Pemanfaatan tempat tersebut merupakan hasil kerja sama antara Perum Peruri (BUMN) dan PT. Ruang Milenial. Ketika disurvei pertama kali pada Februari lalu, kondisi bangunan serta kawasan disebut amat tidak terurus.

Namun, lahan mati tersebut telah diubah menjadi ruang publik baru yang menampilkan kreasi muda-mudi hingga panggung musik.

Tempat nongkrong bernuansa Jadul di M Bloc Space | Foto: @foodirectory
info gambar

Head of Corporate Secretary and Strategic Planning Peruri, Eddy Kurnia, mengatakan bahwasannya kegiatan ini merupakan pemanfaatan aset negara.

Sebanyak 16 rumah bekas karyawan berdesain asli Kebayoran Baru era 1950-an itu pun direnovasi sejak Mei lalu untuk dimanfaatkan sebagai ruang peniaga.

Kurang lebih sebanyak 65 persen dari belasan rumah yang direnovasi menjadi sebuah lapak dari para pengusaha kuliner lokal, sedangkan sisanya menyajikan produk selain makanan.

"Ini optimalisasi aset Peruri, ada banyak aset, yang terbesar di sini. Ini bertahap," kata Eddy.

Lokasi M Bloc Space ini persis di seberang Kejaksaan Agung RI atau di sisi kiri jalan sebelum Terminal Blok M.

M Bloc Space dibuat menyatu tanpa sekat dengan jalur pejalan kaki, serta menghadirkan nuansa dengan bangunan Blok M tempo dulu. Tampak pula eksterior bangunan bekas rumah dinas peruri yang telah direnovasi sedemikian rupa.

Tercatat sejumlah tenant seperti Suwe Ora Jamu, Tokyo Skipjack, Titik Temu Coffee, Kedai Tjikini dan masih banyak lagi yang telah mengisi sejumlah lapak yang ada di M Bloc Space.

Aneka mural di bagian dalam M Bloc Space | Foto: travel.detik
info gambar

Kemudian pada bagian dalam M Bloc Space disediakan panggung musik dengan konsep indoor. Rencananya, M Bloc Space juga akan menjadi wadah bagi para musisi unjuk kebolehan. Nama-nama besar seperti Glenn Fredly, Tompi, Mocca hingga ST Loco diketahui telah tampil di sana saat peresmian M Bloc Space pekan lalu.

Banyak pula spot-spot foto yang ciamik dan Instagramable di M Bloc Space. Melihat M Bloc Space seperti melihat kembali usaha kebangkitan Blok M yang dikenang sebagai kawasan populer muda-mudi pada tahun 80-an silam. Hanya saja dengan napas dan konsep baru yang lebih segar ala zaman now.

Bagaimana Kawan GNFI, tertarik untuk berkunjung ke tempat yang lagi hits ini? Yuk datengin!

Catatan kaki: Detiktravel | CNNIndonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

A.
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini